Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencahayaan Kamar Mandi dan Risiko Keamanan

Kompas.com - 17/05/2013, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Pencahayaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam kamar mandi. Tanpa adanya pencahayaan memadai, kegiatan di dalam kamar mandi tidak hanya sulit dilakukan, namun juga berbahaya baik bagi anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Melakukan kegiatan di dalam kamar mandi tanpa pencahayaan tepat berisiko menyebabkan berbagai kecelakaan. Dalam rumah-rumah sederhana, pencahayaan kamar mandi umumnya hanya berasal dari satu sumber cahaya, yaitu lampu yang menempel di langit-langit kamar mandi.

Hal ini sebenarnya tidak salah, hanya saja, perlu dipastikan tak ada "ruang gelap" akibat bayangan dalam kamar mandi. Namun, bagi kamar mandi dengan fitur lebih kompleks, peningkatan kualitas pencahayaan dapat berupa pengurangan bayang-bayang dan cahaya menyilaukan. Hal ini bisa dicapai dengan beberapa sumber cahaya.

Sumber pencahayaan yang dapat Anda pertimbangkan pertama kali adalah pencahayaan di area wastafel atau vanity. Bagi perempuan, keseimbangan cahaya di tempat ini juga dapat memudahkan dalam menggunakan make up.

Umumnya, lampu di wilayah wastafel adalah lampu dinding. Pastikan lampu-lampu ini berada pada ketinggian yang tepat.

Letakkan di sisi-sisi kaca untuk memberikan jumlah cahaya seimbang antara semua sisi kaca. Hal ini dapat mengurangi jumlah bayangan yang akan terbentuk jika Anda hanya memiliki satu sumber cahaya.

Sumber pencahayaan kedua yang sebaiknya Anda perhatikan adalah pencahayan di area shower. Setidaknya, berikan satu sumber pencahayaan di area tersebut. Jika memungkinkan, sertakan cahaya alami dari sinar matahari di dalam kamar mandi Anda.

Untuk memastikan Anda tetap mendapatkan privasi, gunakan glass block, kaca berembun (frosted glass), atau tempatkan jendela jauh di atas dinding kamar mandi Anda.

Sumber pencahayaan ketiga berupa pencahayaan penunjuk. Cahaya ini penting bagi mereka yang memiliki masalah dalam penglihatan. Anda dapat menempatkannya di bagian bawah bathtub, di sisi-sisi lemari, meja wastafel, atau di sekeliling bagian bawah dinding kamar mandi Anda.

Selain pencahayaan penunjuk ini, menggunakan warna ubin yang berbeda antara lantai kamar mandi dan lantai shower juga membantu penunjukkan area. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com