Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Saham Properti yang Terbaik

Kompas.com - 16/05/2013, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten properti hingga saat ini masih menunjukkan kinerja positif di Bursa Efek Indonesia. Sektor properti merupakan the best performer dibandingkan kinerja sektor lain seperti perbankan dan consummer goods.

Kinerja sektor properti sejak Januari 2013 hingga hari ini (year to date) mencatat pertumbuhan tertinggi yakni 55,82 persen. Disusul consummer goods 29,82 persen dan sektor perbankan 23,93 persen.

Ada pun lima emiten yang membukukan pertumbuhan penjualan dan laba lebih dari 50 persen adalah Alam Sutera (ASRI), Bumi Serpong Damai (BSDE), Lippo Karawaci (LPKR), Summarecon Agung (SMRA), Pakuwon Jati (PWON).

Hanya saja, moncernya kinerja tersebut didominasi oleh emiten yang memiliki eksposur tinggi atas pendapatan berulang (recurring income) atau mereka yang membangun properti kelas menengah atas. Namun begitu, emiten properti dengan eksposur atas pendapatan pengembangan (development income) seperti Cowell Development dan Modernland Realty juga memperlihatkan pertumbuhan penjualan dan laba bersih.

Menurut Benedictus Agung, analis properti dari Samuel Securities, pencapaian tersebut mengindikasikan sektor properti masih menjadi primadona dan secara jangka panjang memiliki prospek yang cukup bagus.

Setidaknya hingga akhir 2013, lanjut Agung, properti akan memperlihatkan kinerja terbaiknya. Apalagi survey Bank Indonesia mencatat penjualan residensial pada kuartal I 2013 mengalami peningkatan sebesar 25,63 persen, meskipun harga jualnya juga melonjak 4,78 persen dibanding kuartal IV 2012 3,81 persen.

"Populasi pembeli akhir yang berusia produktif (30 tahun) terus bertambah setiap tahunnya. Mereka membutuhkan hunian yang layak. Kalangan inilah yang akan mendorong sektor properti terus bertumbuh. Apalagi diimbangi dengan daya beli yang terus meningkat," ujar Agung kepada KOMPAS.com, di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com