Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"56 Leonard", Apartemen Bergerigi dan Paling Tinggi di Tribeca!

Kompas.com - 10/05/2013, 14:42 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Menara apartemen "bergerigi" yang diberi nama 56 Leonard akan menjadi hunian vertikal paling imajinatif di dunia. Sejak diluncurkan awal Maret lalu di pasar New York. 70 persen dari 145 unit yang tersedia di 56 Leonard ini telah laku terjual. Apa hebatnya?

56 Leonard adalah gedung bertingkat 60 dengan ketinggian hingga 830 kaki atau 253 meter di Jalan Church Street dan Leonard Street di Kawasan Bersejarah Tribeca. Mencakar langit Manhattan, ketinggian apartemen ini akan memberi kekaguman bagi para penghuninya saat pemandangan kota Manhattan terhampar luas di siang maupun malam hari.

Hunian jangkung 56 Leonard didesain oleh Herzog & de Meuron, si pencipta bangunan menakjubkan; Stadion Bird Nest di Beijing, dan Museum Tate di London. Selain mampu menampung 145 hunian dengan tema rancangan berbeda-beda di tiap lantai dan ruang terbuka pribadi di dalamnya, 56 Leonard menjadi bangunan yang banyak menuai pujian karena keunikannya.

Kemewahan mempesona

Memang, detail dan penyelesaian interior hunian ini tak seperti yang ada di menara-menara residensial lainnya di seantero New York. Unsur rancangan Herzog & de Meuron pada gedung ini seperti perapian berpahatan tinggi sehingga mampu mendramatisasi atmosfer, serta melengkapi seni dan furnitur di dalamnya.

Balkon pribadi dan teras masuk melalui pintu kaca besar setingi 11-12 kaki. Dapur yang mencolok, dipercantik dengan pantry yang tersedia dalam dua bentuk, yaitu lekukan piano besar dan belah ketupat yang ditutupi dengan granit hitam.

Selain itu, terdapat kabinet untuk menyimpan peralatan dapur berkualitas tinggi sehingga sangat menggabungkan antara seni memasak dan hiburan ke dalam satu ruang yang sangat lengkap. Kamar mandi pun mencakup rancangan arsitek mengagumkan, termasuk countertop berbentuk pil, ruang mandi pribadi, serta bak mandi berbentuk oval.

Sebagai kemewahan yang mempesona, 56 leonard memiliki 10 penthouse spektakuler. Penthouse ini meliputi delapan lantai hunian dan dua setengah lantai rumah dengan tinggi hingga 14 kaki atau 4,27 meter. Daya tariknya? Tentu saja, pemandangan dan hamparan ruang terbuka, perapian nan romantis, serta akses lift pribadi.

"Visinya adalah kami ingin selalu menjadi gedung yang paling modern dan mewah di seluruh dunia. Ya, seperti merek-merek terbaik pada fesyen atau barang seni yang Anda kenakan, ini (56 Leonard) adalah hunian terbaik," kata Izak Senbahar, Presiden Alexico Group LLC, pengembang hunian vertikal ini.

Tak hanya itu. 56 Leonard juga akan menaungi ruang hiburan pribadi rancangan Herzog & de Meuron. Ruang seluas 17.000 kaki persegi (1.580 meter persegi) di lantai kesembilan dan kesepuluh ini meliputi kolam renang seluas 22,86 meter. Kolam renang outdoor yang sangat indah untuk berjemur ini dilengkapi bak mandi air panas menghadap ke Sungai Hudson, dilangkapi pusat kebugaran, studio yoga, ruang uap dan perawatan, ruang perpustakaan, teater indoor dan outdoor, ruang makan pribadi, serta area bermain.

Saat ini, 56 Leonard akan menjadi bangunan tertinggi yang pernah berdiri di kawasan Tribeca, sebuah lingkungan yang khas New York, penuh pertokoan terbaik, pusat belanja dan restoran-restoran berskala internasional. Tak heran, jika pada dua bulan lalu, harga unit untuk tipe dua kamar tidur ditawarkan seharga 3,6 juta dolar AS atau setara Rp 29 miliar. Saat ini, harga unit untuk tipe tersebut ditawarkan senilai 4,9 juta dollar AS atau Rp 38 miliar!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com