Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewi "Dee" Lestari: Rumah Juga Tempat Berkarya....

Kompas.com - 28/04/2013, 11:13 WIB

KOMPAS.com - Tidak semua orang beruntung dapat bekerja secara profesional di rumah. Pembagian waktu dan perhatian kepada keluarga pun tak sesulit bekerja kantor lantaran jaraknya jauh dari rumah.

Hal itulah yang kini dialami oleh Dewi Lestari dan Reza Gunawan. Baru merampungkan rumah barunya di daerah Serpong, Tangerang, keduanya mengaku senang bekerja di rumah sendiri.

"Sebagai penulis, saya memang bekerja di rumah. Meski saya belum kembali menulis, kini saya masih sering membaca dan terbantu dengan pencahayaan nyaman di rumah," ujar perempuan akrab disapa Dee pada acara bincang-bincang di sebuah restoran di Tunjungan Plaza, Surabaya, kepada Kompas.com.

Rumah baru Dewi dan Reza di Bandung memang dilengkapi dengan sebuah perpustakaan yang menampung koleksi buku pasangan ini. Berbeda dengan Dewi, Reza lebih membutuhkan hal lebih spesifik, yaitu sebuah ruang praktik meditasi.

Reza pun tengah membangun sebuah ruang praktik di rumahnya dengan dua pintu masuk. Dengan cara ini, pasien dan keluarga tidak masuk ke rumah dari pintu yang sama. Privasi dan profesionalitas pun terjaga.

"Praktik di rumah tidak secapek di kantor meski bekerja dari pagi sampai malam. Sembari menunggu pasien, saya bisa main piano atau bermain bersama anak. Jadi, lebih males keluar sih," ujar Reza sembari tertawa.

Meski menggunakan rumah sebagai tempat bekerja, Reza dan Dewi masih menghormati peran tradisional rumah. Mengenai fungsi rumah, Reza mengatakan, "Rumah itu secara fungsional adalah tempat tinggal. Dia sumber tempat saya kembali ke semangat hidup paling mendasar, yaitu berjuang merawat keluarga, taking care of my family. Dapat dikatakan, pom bensin untuk 'mengisi ulang'  tenaga dan tempat berkarya".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com