Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Ekspansi Unik Rumah "Kotak Kayu"

Kompas.com - 18/03/2013, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Rumah yang berlokasi di Inssbruck, Austria, ini sekilas tampak seperti rumah di sekelilingnya, yaitu memiliki tiga lantai dan berukuran hampir seragam. Namun, jika diperhatikan lebih detil, rumah ini sebenarnya menyimpan keunikan tersendiri.

Ruang-ruang di dalam rumah ini terasa lebih luas. Selain karena warna terang dari kayu yang ada dalam interior rumah ini, volume ruang juga benar-benar bertambah akibat ekspansi pada saat proses renovasinya.

Sebelum renovasi dilakukan, pemilik rumah merasa rumah mereka tidak menyenangkan. Karena itulah, mereka pergi menemui arsitek lokal, Daniel Fügenschuh.

Berbekal setumpuk ide, pemilik rumah ini meminta penambahan ruang ekstra. Mereka juga menekankan, bahwa mereka membutuhkan ruang-ruang berukuran besar dan lapang. Mulailah sang arsitek menggarap lahan seluas 1.291 meter persegi, dengan anggaran sebesar 400.000 Euro atau sekitar 5 miliar.

Hasilnya, bangunan ini merupakan "pernikahan" antara keindahan estetis dan fungsi. Uniknya lagi, komponen struktural pada rumah ini tidak dimodifikasi. Dinding putih hanya diplester kembali agar semakin kontras pada lantai hitam di bawahnya. Selain itu, bagian rumah paling menonjol adalah penyisipan "volume asing" yang tampak mengambang dalam rumah.

Di dalam rumah ini, Anda akan melihat ruang tamu utama yang memiliki ketinggian ganda. Plafonnya dibuat tinggi dan mampu membuat pemiliknya merasa bebas.

Anda juga akan mendapati serangkaian kotak kayu. Kotak-kotak ini memiliki andil dalam membuat ruang-ruang menjadi terasa lebih terbuka sehingga mempertahankan rasa ringan dan kelanjutan ruang dalam interior rumah.

Tentunya, rumah tiga lantai ini tidak terlepas dari aksen tangga. Tangga minimalis menghubungkan lantai dasar ke mezzanine tanpa menambahkan unsur yang tampak berat ke ruang keluarga.

Ekspansi juga terjadi pada loteng. Kini, loteng menjadi ruang "jeda" sebelum mencapai teras atap berukuran besar. Dari luar, ruang-ruang hasil ekspansi ini tampak seperti kotak kayu kontemporer yang menonjol dari fasad aslinya. Bukan hanya "kotak kayu", taman miring yang mengikuti bentuk atap dan berada di sisi-sisinya juga menambah keunikan rumah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com