Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Unik, dari Ruang Kerja sampai Toilet

Kompas.com - 30/01/2013, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Nicolas Tye Architects adalah sebuah firma arsitektur yang berbasis di Bedfordshire, Inggris. Sebagai perusahaan dengan berbagai proyek besar, firma tersebut juga mengerahkan upayanya untuk merancang kantor mereka.

Kantor yang berada di Bedfordshire ini memiliki pemandangan indah. Pemandangan tersebut kemudian dipadukan dengan apiknya desain serta permainan cahaya. Hasilnya, sebuah kantor yang mampu memberikan inspirasi, ketenangan, dan kedamaian bagi pegawai kantornya.

Interior keseluruhan kantor ini juga merupakan perpaduan bermacam benda berwarna gelap dan terang, serta pancaran sinar matahari. Bayangkan, betapa banyaknya sinar matahari masuk ke dalam ruangan dengan jendela sebesar 3,2 meter gedung ini!

Selain itu, bukan hanya ruang kerja yang tampak unik, melainkan juga kamar mandinya. Dengan gaya menyerupai kamar spa, karyawan dapat dengan nyaman menuntaskan "kewajibannya".

Selain menggunakan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan utama, kantor ini juga mengedepankan penggunaan teknologi yang sehat dan berkelanjutan. Hal ini terlihat dari pemakaian generator tenaga angin, genteng penampung air hujan, serta sistem pembuat pupuk kompos. Selain itu, interior kantor ini juga memiliki pencahayaan rendah energi, serta pemanas dan pendingin efisien yang memanfaatkan lantai dan sirkulasi udara.

Menurut situs resminya, Nicholas Tye Architects sudah mendapatkan beberapa penghargaan. Sejauh ini, mereka telah mendapatkan penghargaan RIBA National Award pada tahun 2009, CPRE (Campaign for the Rural protection of England) Regional- Best Commercial Project, serta Design Week Awards- Best Commercial Project di tahun yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com