Kompas.com - 21/09/2012, 14:20 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mendengar istilah taman basah, hal paling mudah terbayang adalah suasana taman yang diisi dengan kolam dan air mancur. Namun, ternyata taman basah bukan hanya berdasar pada adanya hardscape berkaitan dengan air.

"Taman, dapat dikatakan taman basah jika terdapat lebih banyak soft material daripada hard material," jelas Ir Herlien Primayanti, arsitekur lanskap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maksudnya, taman didominasi pohon, semak, perdu dan rumput yang perlu disiram, karena itulah disebut taman basah. Taman jenis ini tepat untuk lokasi yang cukup sinar matahari.

Dilihat dari jenis tanamannya, taman basah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu taman tropis, semitropis dan rapi. Taman tropis sangat tepat untuk Anda yang memiliki lahan luas.

"Untuk taman tropis yang digunakan adalah tanaman yang pertumbuhannya alami semua," ujar Herlien.

Perawatan untuk taman jenis ini termasuk mudah. Yang ingin ditonjolkan adalah pertumbuhan alami tanaman sehingga tidak perlu sering dipangkas.

Jenis taman yang kedua adalah taman semi tropis. Taman ini menggunakan kombinasi tanaman pangkas dengan tanaman yang pertumbuhannya alami.

"Taman semi tropis biasanya digunakan untuk bangunan minimalis," tambah Herlien.

Perawatan taman semi tropis perlu perhatian lebih, karena ada tanaman yang harus rutin dipangkas. Yang terakhir adalah taman rapi. Jenis taman ini hanya menggunakan tanaman pangkas seperti bonsai sehingga sering disebut Japanese style. Jenis taman seperti ini tentu perlu perawatan optimal karena tanamannya harus dipangkas secara berkala.

Nah, untuk itu pilihlah taman yang sesuai selera Anda. Tapi, jangan lupa mempertimbangkan masalah perawatannya! (Yasmin Tri Aryani)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.