Belanja Online Kalah dari Malaysia dan Singapura

Kompas.com - 12/03/2012, 16:05 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya segelintir masyarakat Indonesia yang memanfaatkan internet untuk memilih properti yang diidamkannya. Situs properti Rumah 123 mencatat, penetrasi pembeli properti secara online di Indonesia baru sebesar 23%. Bandingkan dengan negara tetangga, Malaysia yang sudah mencapai 65% dan Singapura 70%.

"Penghambatnya adalah biaya," ujar Peter Goldsworthy, Country Manager Rumah 123, Senin (12/3/2012).

Padahal, lanjut Peter, membeli properti melalui situs menawarkan sejumlah keuntungan. Di antaranya, calon pembeli bisa mendapat informasi lengkap termasuk foto properti yang diinginkan sebelum mendatangi lokasi. Calon pembeli juga bisa langsung tahu jika properti yang diincar sudah dibeli orang lain. Toh, Peter masih melihat potensi bisnis situs properti lantaran penduduk Indonesia cukup besar.

"Dua tahun lagi, 100 juta masyarakat Indonesia diprediksi akan terhubung dengan internet. Itu angka yang besar," ujarnya.

Apalagi, Peter juga menyebut permintaan lokal terhadap properti di Indonesia sangat kuat. Rumah 123 mencatat, pengunjung lamannya didominasi oleh kelas menengah yang berpenghasilan di atas Rp 5 juta per bulan sebanyak 75%. Selanjutnya, 89% berusia di atas 25 tahun, 50% sudah menikah, 85% lulusan perguruan tinggi, dan 87% tinggal di kota besar.

Berdasarkan jenis properti, mayoritas pengunjung hingga 80% mencari rumah tapak. Selain karena faktor budaya masyarakat, Peter bilang, saat ini pasokan rumah tapak masih lebih banyak dibanding apartemen. Persentase properti secondary juga lebih besar ketimbang primary, yaitu 80%. (Adisti Dini Indreswari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.