Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Kunjungi PT Dirgantara Indonesia

Kompas.com - 26/10/2011, 08:06 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, akan menghadiri acara "Peningkatan Kemampuan PT DI (PERSERO) sebagai Industri Pertahanan Kedirgantaraan" di Hanggar CN 235N PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Rabu (26/10/2011).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama produksi CN-295 antara PT DI dan Airbus Military. "Pesawat CN-295 sangat diperlukan bagi alutsista Indonesia," kata Julian ketika dihubungi Kompas.com, Rabu pagi.

Ditambahkan Julian, Presiden juga akan meninjau pesawat CN-295 dan beberapa hasil karya PT DI lainnya. Kepala Negara juga akan memberikan arahan terkait produksi alutsista di hadapan PT DI.

Secara terpisah, Juru Bicara PT DI Rochendi mengatakan, penandatanganan kerja sama dengan industri pesawat terbang yang bermarkas di Sevilla, Spanyol, itu merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah dirintis PT DI sejak beberapa waktu lalu.

"Kerja sama dengan pihak Airbus Military merupakan salah satu bagian dari upaya revitalisasi PT DI untuk kembali mengembangkan dan memproduksi pesawat terbang C-295," katanya sesuai yang dilansir Antara.

CN-295 adalah hasil pengembangan dari CN-235 yang merupakan ikon PT DI yang sebelumnya berlabel Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN). Pesawat yang mampu mengangkut 71 penumpang dan berkapasitas 9,2 ton itu merupakan derivatif dari CN-235.

Panjang badan CN-295 lebih panjang tiga meter dibandingkan CN-235 dan memiliki mesin dengan tenaga lebih besar.

PTDI adalah industri pesawat terbang kebanggaan Indonesia yang juga memproduksi pesawat CN-212, N-Bell, Super Puma dan NBO-105, serta komponen pesawat terbang untuk Boeing, Airbus, Eurocopter dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com