Presiden Kunjungi PT Dirgantara Indonesia

Kompas.com - 26/10/2011, 08:06 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, akan menghadiri acara "Peningkatan Kemampuan PT DI (PERSERO) sebagai Industri Pertahanan Kedirgantaraan" di Hanggar CN 235N PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Rabu (26/10/2011).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama produksi CN-295 antara PT DI dan Airbus Military. "Pesawat CN-295 sangat diperlukan bagi alutsista Indonesia," kata Julian ketika dihubungi Kompas.com, Rabu pagi.

Ditambahkan Julian, Presiden juga akan meninjau pesawat CN-295 dan beberapa hasil karya PT DI lainnya. Kepala Negara juga akan memberikan arahan terkait produksi alutsista di hadapan PT DI.

Secara terpisah, Juru Bicara PT DI Rochendi mengatakan, penandatanganan kerja sama dengan industri pesawat terbang yang bermarkas di Sevilla, Spanyol, itu merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah dirintis PT DI sejak beberapa waktu lalu.

"Kerja sama dengan pihak Airbus Military merupakan salah satu bagian dari upaya revitalisasi PT DI untuk kembali mengembangkan dan memproduksi pesawat terbang C-295," katanya sesuai yang dilansir Antara.

CN-295 adalah hasil pengembangan dari CN-235 yang merupakan ikon PT DI yang sebelumnya berlabel Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN). Pesawat yang mampu mengangkut 71 penumpang dan berkapasitas 9,2 ton itu merupakan derivatif dari CN-235.

Panjang badan CN-295 lebih panjang tiga meter dibandingkan CN-235 dan memiliki mesin dengan tenaga lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PTDI adalah industri pesawat terbang kebanggaan Indonesia yang juga memproduksi pesawat CN-212, N-Bell, Super Puma dan NBO-105, serta komponen pesawat terbang untuk Boeing, Airbus, Eurocopter dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.