Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berbelanja Batik di Pekalongan

Kompas.com - 10/10/2011, 14:14 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com — Pekalongan, kota yang terletak di bagian barat Provinsi Jawa Tengah, memang menjadi pilihan wisatawan lokal dalam mencari batik yang berkualitas. Tak heran karena memang kota ini dijuluki Kota Batik.

Adapun batik Pekalongan memiliki kekhasan dalam motif maupun warnanya. Motif batik Pekalongan acap kali tak jauh berbeda dengan motif batik jogja ataupun solo.

Batik pekalongan memainkan warna dengan lebih bervariasi sehingga sering dijumpai terdapat 8 warna dalam sehelai kain batik.

Jika Anda melewati jalan pantai utara (Pantura) Kota Pekalongan, maka tak ada salahnya Anda menepi di Pasar Grosir Setono yang letaknya tak jauh dari Terminal Bus Kota Pekalongan.

Di dalam pasar grosir ini terdapat ratusan pedangan batik yang menjual beragam jenis barang yang terbuat dari bahan batik. Bagaimana memilih batik yang berkualitas dengan harga yang sesuai?

Cari Tahu Jenis Kain Batik yang Anda Inginkan. Menurut jenis pembuatannya, terdapat batik tulis dan batik cap. Batik tulis memiliki corak yang sama luar dan dalam serta masih tercium bau malam atau lilinnya. Sedangkan batik cap, corak dalam lebih pudar daripada corak luar.

Hal ini jelas membedakan harga antara batik tulis dan batik cap. Berdasarkan bahannya, bahan yang paling baik adalah bahan tenun. Biasa yang digunakan adalah sutera. Maka dari itu, tak heran harganya paling mahal di kelasnya.

Perhatikan Detail. Dalam memilih batik perlu perhatikan detail batik harus rapi, teratur, dan cari tahu perbedaan kain batik yang halus dan yang kasar. Usahakan Anda memilih kain yang halus karena pastinya lebih berkualitas. Semakin kecil-kecil dan rumit motifnya, biasanya batik semakin halus.

Perhatikan Motif dan Warna. Carilah motif dan corak batik yang unik. Serta perhatikan pula kombinasi warna dari batik tersebut apakah serasi antar satu warna dengan warna lain.

Tawar dengan Harga yang Wajar. Anda harus mengetahui harga yang pantas atas batik yang Anda pilih. Jangan sampai salah menawar menjadi terlalu mahal atau malah terlalu murah. Bedakan harga antara batik tulis dan batik cap, lalu bedakan juga jenis kainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com