Tips Berbelanja Batik di Pekalongan

Kompas.com - 10/10/2011, 14:14 WIB
|
Editorkadek

KOMPAS.com — Pekalongan, kota yang terletak di bagian barat Provinsi Jawa Tengah, memang menjadi pilihan wisatawan lokal dalam mencari batik yang berkualitas. Tak heran karena memang kota ini dijuluki Kota Batik.

Adapun batik Pekalongan memiliki kekhasan dalam motif maupun warnanya. Motif batik Pekalongan acap kali tak jauh berbeda dengan motif batik jogja ataupun solo.

Batik pekalongan memainkan warna dengan lebih bervariasi sehingga sering dijumpai terdapat 8 warna dalam sehelai kain batik.

Jika Anda melewati jalan pantai utara (Pantura) Kota Pekalongan, maka tak ada salahnya Anda menepi di Pasar Grosir Setono yang letaknya tak jauh dari Terminal Bus Kota Pekalongan.

Di dalam pasar grosir ini terdapat ratusan pedangan batik yang menjual beragam jenis barang yang terbuat dari bahan batik. Bagaimana memilih batik yang berkualitas dengan harga yang sesuai?

Cari Tahu Jenis Kain Batik yang Anda Inginkan. Menurut jenis pembuatannya, terdapat batik tulis dan batik cap. Batik tulis memiliki corak yang sama luar dan dalam serta masih tercium bau malam atau lilinnya. Sedangkan batik cap, corak dalam lebih pudar daripada corak luar.

Hal ini jelas membedakan harga antara batik tulis dan batik cap. Berdasarkan bahannya, bahan yang paling baik adalah bahan tenun. Biasa yang digunakan adalah sutera. Maka dari itu, tak heran harganya paling mahal di kelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perhatikan Detail. Dalam memilih batik perlu perhatikan detail batik harus rapi, teratur, dan cari tahu perbedaan kain batik yang halus dan yang kasar. Usahakan Anda memilih kain yang halus karena pastinya lebih berkualitas. Semakin kecil-kecil dan rumit motifnya, biasanya batik semakin halus.

Perhatikan Motif dan Warna. Carilah motif dan corak batik yang unik. Serta perhatikan pula kombinasi warna dari batik tersebut apakah serasi antar satu warna dengan warna lain.

Tawar dengan Harga yang Wajar. Anda harus mengetahui harga yang pantas atas batik yang Anda pilih. Jangan sampai salah menawar menjadi terlalu mahal atau malah terlalu murah. Bedakan harga antara batik tulis dan batik cap, lalu bedakan juga jenis kainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.