Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Bisa "Blunder" Hanya Karena Lukisan

Kompas.com - 02/08/2011, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Ingin berkreasi dengan menambah kesan artistik pada dinding rumah Anda selama bulan suci Ramadhan ini? Mulailah mengkreasikan elemen menjadi lebih dekoratif, salah satunya dengan memajang lukisan.

Tapi, jangan sampai Anda salah pilih. Memasang lukisan bukanlah perkara mudah, karena Anda harus bisa menyesuaikan ruangan dengan tema lukisan pilihan Anda agar benar-benar semakin mempercantik ruangan, bukan membuat blunder. Berikut ini adalah beberapa jenis lukisan dan penempatannya:

Lukisan kaligrafi

Umumnya lukisan kaligrafi adalah seni tulis bahasa Arab atau lukisan bernuansa Islami. Namun, belakangan banyak juga kaligrafi lain yang diminati, di antaranya lukisan kaligrafi China. Nah, lukisan ini sangat sesuai ditempatkan di ruang tamu dan ruang keluarga dengan tujuan menyejukkan hati dan melahirkan kesan damai bagi Anda sekeluarga.

Lukisan impresionis

Jenis lukisan ini memiliki goresan kuas yang kuat, warna-warna cerah, komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subyek-subyek lukisan yang tak terlalu menonjol, serta sudut pandang yang tidak biasa. Lukisan jenis ini paling tepat menghiasi area publik nonkeluarga atau ruang tamu.

Bagi yang tertarik, lukisan impresionis selain menggairahkan emosi juga menggambarkan ekspresi para tamu yang berkunjung di bulan Ramadhan.

Abstrak modern

Lukisan abstrak adalah lukisan yang mengutamakan tema, sehingga karya seni dari sebuah lukisan abstrak lebih terfokus pada tema dibandingkan keindahan lukisannya. Keindahan dalam lukisan abstrak lebih terfokus pada keindahan karakter tema lukisan seingga lebih cocok ditempatkan di ruang makan, agar menambah semangat dan mengusir rasa bosan saat sahur atau berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Indonesian Art (pemandangan)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau