Telkom Perkenalkan Konsep Gedung Ramah Lingkungan

Kompas.com - 05/04/2011, 09:16 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merambah bisnis penyediaan layanan gedung teknologi dan komunikasi informasi (ICT). Perusahaan ini mempromosikan konsep gedung ICT ramah lingkungan dan memberi nama Smart Building Solution.

Akhir Maret lalu Telkom menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan kawasan industri MM2100, KIIC, BIC, dan Lippo Cikarang dalam penyediaan gedung ICT ramah lingkungan tersebut. "Dalam hal ini, Telkom dan kawasan industri bekerjasama dalam penyediaan jasa layananan dan pengembangan bisnis ICT," ujar Arief Yahya, Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom .

Dalam kerja sama ini, Telkom juga menggandeng konsultan mechanical engineering untuk membantu mendesain gedung ramah lingkungan. Menurut Arief, penyediaan layanan ini merupakan bagian bisnis Telkom yang meliputi telecommunication, information, multimedia, dan edutainment (TIME).

Arief mengklaim bahwa layanan ini akan menolong pengembang dan pemilik gedung menyediakan fasilitas kepada para penyewa, dengan pemakaian energi yang efisien, tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan, serta menyediakan kenyamanan dan kesehatan lingkungan. Telkom mendukung layanan Smart Building Solution tersebut dengan jaringan internet provider berbasis fiber optic. "Hal ini dapat memberikan solusi paling efektif dan efisien untuk mewujudkan gedung ramah lingkungan," ungkap Arief bernada promosi. (Gloria Haraito/KONTAN)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.