Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Cikarang Fokus Kawasan Komersial dan Residensial

Kompas.com - 21/03/2011, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lippo Cikarang telah lama dikenal sebagai kawasan industri dengan fasilitas terlengkap di timur Jakarta. Pada tahun-tahun mendatang, Lippo Cikarang akan lebih memfokuskan pada pembangunan residensial masyarakat menengah,juga mengembangkan kawasan komersial untuk mendukung kawasan industri yang sudah ada.

“Lippo Cikarang saat ini boleh dikatakan memiliki fasilitas terlengkap di kawasan industri di koridor Bekasi-Cikampek. Banyak orang yang bekerja di kawasan industri lain di koridor ini, memilih tinggal di Lippo Cikarang,” kata Presiden Direktur dan CEO Lippo Cikarang, MeowChong Loh dalam percakapan khusus dengan Kompas.com saat makan pagi di Hotel Aryaduta Suites Semanggi, pekan lalu.

Lahir di Melacca, Malaysia, 3 Desember 1952, MeowChong Loh, lulusan Teknik Sipil National Taiwan University tahun 1976 ini, sebelumnya pernah bekerja di Malaysia dan di perusahaan Perancis di Amerika Serikat. Loh masuk ke dunia properti tahun 1980, bekerja di perusahaan properti di AS, kemudian bekerja di JDC Singapura untuk kawasan Asia Tenggara.

Berikut ini percakapan khusus dengan MeowChong Loh, Presiden Direktur dan CEO Lippo Cikarang bersama Robert Adhi Kusumaputra dari Kompas.com.

Lippo Cikarang adalah kawasan industri yang dikombinasikan dengan hunian dan pusat komersial lainnya. Bagaimana posisi Lippo Cikarang di antara kawasan industri serupa di koridor Bekasi-Cikampek saat ini? Lippo Cikarang adalah industrial townhip development. Ini merupakan salah satu perusahaan dari Grup Lippo yang mengkhususkan diri pada kawasan industri. Koridor Bekasi-Cikarang-Cikampek boleh dikatakan koridor terbaik di Indonesia saat ini. Lima puluh persen produk industri di Indonesia berasal dari industri yang berlokasi di koridor ini, seperti Honda Toyota, Suzuki misalnya. Kawasan industri di koridor ini selain Lippo Cikarang, juga ada antara lain MM 2100, Deltamas, Jababeka.

Nah, Cikarang berada di tengah antara Bekasi dan Cikampek. Lippo membangun Cikarang Industrial Township, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk hunian, perkantoran, pusat rekreasi, dan gaya hidup.

Lippo Cikarang termasuk industrial township development yang berhasil. Apa rahasianya? Lippo Cikarang memiliki masterplan yang matang. Tidak hanya membangun kawasan industri, tetapi juga menyediakan kawasan hunian residensial, sekolah internasional, rumah sakit bertaraf internasional. Hotel, mal, rekreasi waterboom.

Kami baru saja mengoperasikan Lippo Cikarang Citywalk, mal gaya hidup dengan pangsa pasar kelas menengah atas. Di sini ada Farmers Market, Starbucks, J.Co, McDonalds yang buka 24 jam. Domino’s Pizza. Bahkan yang menarik, Domino’s Pizza di Lippo Cikarang Citywalk merupakan yang terbaik dari segi pendapatan. Ini cerita mereka.

Di Lippo Cikarang juga dibuka beberapa restoran Bumbu Desa, Chicken Village, Olive’s House, dan sekitar 20-an restoran Korea.

Selain itu, kami mengembangkan residensial ke menengah atas dan membangun lingkungan yang hijau. Investor yang melihat lingkungan Lippo Cikarang yang asri dengan fasilitas lengkap, langsung memutuskan mau membangun pabrik di kawasan industri ini. Kalau Anda lihat, saat ini Lippo Cikarang sudah lebih hijau. Pohon-pohon sudah rindang. Jadi benar-benar hijau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com