Tol Manado-Bitung Mulai Dibangun 2011

Kompas.com - 07/12/2010, 20:20 WIB
EditorR Adhi KSP

MANADO, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan anggaran sekitar Rp2 triliun akan dimulai 2011.

"Proyek jalan tol dengan panjang 37 kilometer itu menggunakan dana APBN dan ditender langsung oleh pemerintah pusat," kata Asisten II bidang Pembangunan Pemprov Sulut Alex Wowor, di Manado, Selasa.

Pembangunan jalan tol yang mengambil titik nol dari Manado itu akan melewati Kabupaten Minahasa Utara dan berakhir di Kota Bitung yang dikenal dengan pelabuhan laut internasional.

Sementara itu, kata dia, biaya pembebasan lahan juga telah dianggarkan Pemprov Sulut sekitar Rp20 miliar, kemudian ditanggung bersama dengan pemerintah Minahasa Utara, Bitung, Manado dan APBN. "Total biaya pembebasan lahan mencapai Rp200 miliar dan sudah disosialisasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Sulut Sherpa Manembu mengatakan, proyek jalan tol tersebut harus didukung oleh semua pihak, karena menyangkut kepentingan umum. "Selain masyarakat memiliki jalur transportasi yang memadai, juga bisa meningkatkan dan menggairahkan kegiatan ekonomi di daerah," katanya.

Apalagi Manado dan Bitung telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang membutuhkan banyak infrastruktur pendukung, sehingga benar-benar kegiatan perekonomian bergairah dan berdampak signifikan untuk kesejahteraan rakyat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.