Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

54 Karya Properti Terbaik Dunia Bersaing di Prix d'Excellence Award 2010

Kompas.com - 11/05/2010, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penganugerahan karya properti terbaik dunia akan menjadi bagian penting Kongres Dunia Federasi Real Estat Internasional (FIABCI) ke-61 yang diselenggarakan di Bali, 24-28 Mei 2010.

Sebanyak 54 karya properti dari berbagai negara akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan sebagai yang terbaik di ajang penganugrahan karya properti tingkat internasional yang dikenal dengan nama FIABCI Prix d’Excellence Awards 2010.

FIABCI Prix d’Excellence Awards merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada karya-karya properti terbaik dari seluruh dunia. Penghargaan ini diberikan dan diumumkan secara khusus pada saat penyelenggaraan kegiatan Kongres Dunia FIABCI.

Prix d’Excellence Awards 2010 diikuti 54 nominator pemenang yang terbagi ke dalam 13 kategori yang berbeda. Kategori yang dilombakan antara lain meliputi lingkungan, master plan, pengembangan berkelanjutan, infrastruktur publik, hotel, perkantoran, kawasan industri, dan kategori khusus.

President FIABCI Prix d’Excellence Awards 2010 Yeow Thit Sang mengungkapkan, 54 nominator pemenang ini merupakan proyek-proyek properti yang berasal dari 11 negara. Asia tercatat sebagai kawasan yang menyumbangkan nominator terbanyak, hingga 40 proyek yang berasal dari delapan negara. Disusul kawasan Eropa yang mengikutsertakan 11 proyek dari dua negara dan Amerika yang mewakilkan 2 proyeknya.

“Jumlah partisipan Prix d’Excellence Awards 2010 lebih baik dibandingkan 2009. Tahun lalu hanya memperlombakan 10 kategori yang diikuti 40 nominator yang berasal dari sembilan negara,” ungkapnya lebih lanjut. Banyaknya jumlah nominator yang berasal dari Asia Pasifik, menunjukan bahwa dunia mengakui bahwa kawasan ini harus mulai diperhitungkan.

Menurutnya, proyek properti yang menjadi nominator Prix d’Excellence Award 2010 rata-rata memenuhi standar tinggi baik dari sisi desain maupun estietika. Fakta yang menonjol secara signifikan tahun ini adalah masalah lingkungan, dengan bobot penilaiannya naik dari 20 persen pada tahun lalu menjadi 25 persen pada tahun ini.

Menurut Yeow, sebagai puncak penghargaan bagi karya properti dunia, Prix d’Excellence Award mendapat dukungan para juri yang independen dan profesional. Mereka memiliki latar belakang profesi yang beragam dan berasal dari berbagai negara.

Dewan juri Prix d’Excellence Award 2010 berjumlah 30 orang profesional real estat yang berasal dari 18 negara. Mereka antara lain adalah para presiden FIABCI di sejumlah kawasan, mantan presiden FIABCI dunia, presiden dari para anggota prisipal seperti dari asosiasi profesional, arsitek, surveyor, penilai, maupun developer.

Proses penjurian selalu dilakukan secara transparan. Setiap anggota dewan juri memiliki independesi dalam memberikan penilaian dan catatan berdasarkan kriteria yang ada. Independensi tersebut juga ditunjukan dengan tidak menyertakan Presiden FIABCI Prix d’Excellence Award dalam proses penilaian dan penjurian, namun lebih berperan dalam memimpin organisasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com