Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang CCTV di Rumah? Ini Tipsnya!

Kompas.com - 17/09/2012, 17:28 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk memantau kondisi rumah adalah dengan memasang sistem closed circuit television (CCTV) terpadu. Namun, Anda perlu menentukan kebutuhan, lokasi, dan target penempatan agar alat pengaman rumah ini berfungsi maksimal.

Dengan sistem ini Anda bisa melihat pergerakan orang di rumah sekaligus orang asing yang tengah bertamu. Selain mengamankan penghuni dari ganguan orang asing, security system juga membuat Anda tenang kala meninggalkan buah hati di rumah.

Namun, Anda tidak bisa memasang sistem keamanan secara sembarang. Alih-alih melindungi rumah, performa security device tersebut bisa "keok" karena kesalahan dalam pemasangannya.

Sebelum memutuskan memasang kamera CCTV, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan, di antaranya memastikan kebutuhan, memilih jenis kamera, dan menentukan letak pemasangan. Nah, bagaimana cara pemasangan CCTV rumah yang benar? Simak panduan singkat sebelum memasang kamera CCTV ini:

Pastikan kebutuhan

Pastikan kebutuhan area atau zona yang ingin Anda pantau. Jika Anda hanya ingin memantau ruangan di dalam rumah, Anda bisa pilih CCTV tipe dome atau bullet.

Namun, jika ingin memantau zona luar seperti taman atau halaman, ada baiknya Anda memilih CCTV yang memang di-setting untuk zona luar ruangan (outdoor) dan memiliki fitur infra red.

Tentukan lokasi

Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang. Dari situ baru Anda tentukan titik pemasangan kamera CCTV sesuai dengan keinginan.

Tentukan target

Tentukan target obyek yang diawasi, kemudian tentukan ketinggian letak kamera. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu jauh dari area yang diawasi. Adapun standar penempatan biasanya mengikuti ketinggian rumah dengan sudut sekitar 100°-115°

CCTV untuk outdoor

Untuk pemasangan CCTV luar ruangan, sebaiknya Anda memprioritaskan letak kamera di bawah atap atau zona terlindungi lainnya. Hal ini untuk melindungi kamera dari hujan, angin, juga panas matahari. (Feni Freycinetia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com