Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Bersih-Bersih Rumah Usai Liburan

Setelah kembali dari liburan, tugas bersih-bersih merupakan hal yang wajib dijalankan agar rumah kembali nyaman ditempati.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah kembali terlihat bersih seusai ditinggal liburan seperti dikutip dari laman Clean Chaps. 

1. Bersihkan debu dan pel lantai

Membersihkan debu merupakan tugas utama yang harus Anda lakukan ketika sampai di rumah.

Bersihkan debu yang ada di permukaan meja, kursi, lemari, pigura, hingga pintu dan jendela. Rapikan ruangan dan atur kembali semua benda yang berserakan di lantai rumah.

Ambil kain bersih dan lembut untuk membersihkan debu dari ruangan. Selalu gosok kain pembersih searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam saat membersihkan debu.

Setelah debu, sedot permukaan lantai dan pel seluruh lantai untuk menghindari debu menyebar lebih kembali.

Saat Anda jauh dari rumah untuk berlibur dalam jangka waktu yang lama, munculnya sarang laba-laba merupakan hal yang wajar terjadi.

Namun, sarang laba-laba yang menjuntai di dinding, membuat rumah Anda terlihat semakin suram dan tua.

Sebelum membersihkannya, tutupi furnitur dengan seprai dan sedot sarang laba-laba dari langit-langit, sudut rumah serta ventilasi dengan penyedot debu.

3. Buka seluruh jendela dan pintu

Setelah seluruh ruangan Anda bersih, hilangkan bau apek yang tersisa dengan membuka seluruh jendela dan pintu yang ada di rumah.

Biarkan udara segar memenuhi ruangan dan mengganti udara kotor yang masih terperangkap.  Perlahan-lahan singkirkan sprei di tempat tidur dan gantilah dengan set sprei dan selimut yang baru.

4. Periksa serangan jamur

Saat Anda pergi berlibur, jamur dapat dengan mudah menyerang rumah Anda karena tumbuh dari bakteri kecil yang berpindah-pindah di udara.

Bau apek atau lembab biasanya menjadi tanda adanya serangan jamur di rumah Anda terutama pada kamar mandi dan dapur.

Periksa berbagai lokasi seperti bak mandi, pancuran, wastafel, toilet, kamar mandi, tirai, lemari es, kompor, dan microwave.

Jika menemukan tanda-tanda tumbuhnya jamur, segera bersihkan secara menyeluruh. Menjaga tingkat kelembaban tetap rendah adalah solusi terbaik untuk membantu menghilangkan jamur dari rumah.

https://properti.kompas.com/read/2024/01/02/113000621/tips-bersih-bersih-rumah-usai-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke