Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Pasang AC di Rumah? Hindari 5 Lokasi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau AC merupakan salah satu alat elektronik yang dibutuhkan masyarakat saat ini terutama ketika musim kemarau.

Jika sudah membeli unit AC yang baru, jangan lupapertimbangkan lokasi tempat Anda hendak memasangnya.

Saat dipasang di tempat yang keliru, justru AC tidak akan berfungsi secara efektif dan menyebabkan masalah di rumah.

Sebagai panduan, berikut 5 lokasi di rumah yang seharusnya Anda hindari ketika memasang unit AC seperti dikutip dari laman House Digest.

1. Bagian rumah yang lebih panas

Memasang AC di tempat yang panas dan banyak terkena sinar matahari langsung dan akan membuat unit AC Anda bekerja lebih keras namun tidak bisa mendinginkan ruangan,

Area yang harus dihindari antara lain jendela, terutama yang menghadap ke timur dan barat. Jendela di posisi tersebut paling banyak terkena sinar matahari langsung.

Lokasi lainnya adalah dapur karena jumlah panas dan uap yang dihasilkan selama memasak sangatlah signifikan.

2. Hindari lokasi tersembunyi

Meski bagi beberapa orang tampilan bodi unit AC mungkin tidak enak dipandang, namun hindari menyembunyikannya di balik tanaman atau sofa.

Unit AC memerlukan sirkulasi udara yang lancar agar dapat berfungsi dengan baik. Menempatkan tanaman di sekitar unit AC tidak hanya membatasi aliran udara tetapi juga menyebabkan udara panas bersirkulasi ulang dan mengurangi efisiensi pendinginannya.

Para ahli merekomendasikan untuk memberikan jarak setidaknya 1,5 meter antara unit AC Anda dan benda lain di segala arah (atas, bawah, kiri, kanan, depan, dan belakang).

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga aliran udara yang baik dan menjaga segala sesuatunya tetap berfungsi dan dalam kondisi prima.

3. Hindari area dan bahan yang mudah terbakar

Saat bekerja, unit AC cenderung menggunakan banyak energi, dan jika tertahan oleh peralatan penghasil panas lainnya, kebakaran dapat terjadi.

Meskipun ini bukan aturan pasti, sebaiknya jauhkan lemari es, TV, mesin cuci, lampu, dan barang-barang listrik lainnya dari unit AC untuk menghindari kebakaran.

Selain itu, barang-barang seperti kertas, dedaunan, puing-puing, dan bahkan pembersih tangan harus disimpan setidaknya dalam jarak tiga meter dari unit AC.

Dilarang juga untuk menyimpan gas yang mudah terbakar seperti pestisida, antibeku, cat, dan bahkan pembuat krim kopi di dekat unit AC.

Banyak pemilik rumah yang meletakkan sampah dan tempat sampah tepat di samping unit AC yang ada di luar ruangan.

Meskipun demikian jangan lakukan hal tersebut. Unit AC outdoor akan menarik udara dari lingkungan sekitar untuk digunakan kembali termasuk bau sampah yang tidak sedap.

Selain kenyamanan, jika terpapar bau sampah secara terus menerus bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi penghuni rumah.

5. Jangan berbagi saklar listrik

Ketika dioperasikan, AC akan menggunakan banyak daya. Sehingga menambahkan AC Anda ke saklar yang sudah tersambung dengan peralatan lain dapat kelebihan beban dan bisa memadamkan listrik di rumah.

Pasanglah pemutus arus sendiri untuk AC untuk memastikan AC tidak menyebabkan pemadaman listrik karena membebani sistem kelistrikan rumah Anda secara berlebihan.

https://properti.kompas.com/read/2023/10/24/100000221/ingin-pasang-ac-di-rumah-hindari-5-lokasi-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke