Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bingung Pilih Lokasi Penempatan Akuarium di Rumah? Pertimbangkan 5 Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com -Bagi Anda yang sudah membeli akuarium, memilih lokasi untuk menempatkannya adalah keputusan penting yang harus diputuskan.

Jika memilih akuarium berukuran besar, maka lokasi yang Anda pilih akan bersifat permanen. Jadi memilih tempat yang tepat sejak awal adalah kuncinya.

Menemukan keseimbangan antara pengaturan yang praktis dan membuat akuarium perlu sedikit pemikiran.

Agar membantu menentukan lokasi yang tepat, berikut beberapa petunjuk yang akan memandu Anda memilih posisi yang sempurna.

1. Sinar matahari

Berhati-hatilah ketika ingin menempatkan akuarium ikan Anda dekat dengan jendela. Sama seperti tanaman lainnya, alga membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh.

Semakin banyak sinar matahari yang didapatkan oleh akuarium, semakin cepat pula alga akan tumbuh.

Akuarium yang ditempatkan di dekat jendela maka bisa membuat alga tumbuh lebih subur sehingga akan merugikan keseimbangan ekosistem akuarium Anda.

Sinar matahari langsung juga akan menghangatkan air di dalam akuarium Anda. Padahal, ikan harus dipelihara dalam kondisi air yang stabil agar tidak menjadi stres dan sakit.

2. Aksesibilitas

Anda mungkin pernah melihat akuarium ikan yang tersimpan rapi di sudut rak. Memang hal tersebut terlihat rapi, rapi dan cantik.

Tetapi ini akan menimbulkan masalah ketika Anda hendak melakukan pergantian air di kemudian hari.

Anda tidak bisa dengan bebas menyentuh sisi samping akuarium atau bagian belakang akuarium, tempat berbagai peralatan penunjang akuarium berada.

Tugas sehari-hari seperti memberi makan ikan Anda dan menyalakan mematikan lampu akuarium juga bisa lebih mudah dilakukan jika Anda dapat menjangkau semua sisi akuarium dengan mudah.

3. Kebisingan

Lingkungan dengan banyak kebisingan atau lalu lintas tinggi bukanlah lokasi yang cocok untuk menempatkan akuarium ikan.

Hindari menempatkan akuarium di dekat televisi, pengeras suara, jalan masuk, dan pintu depan rumah.

Getaran yang ditimbulkan oleh suara-suara tersebut, terutama saat membuka dan menutup pintu, akan mengejutkan ikan dan dapat menyebabkan kematian dini.

4. Visibilitas

Bila akuarium Anda sudah didesain dengan bagus, pasti Anda ingin memamerkannya kepada orang lain.

Akuarium adalah fokus perhatian yang sangat besar dan menyenangkan banyak orang yang berkunjung ke rumah Anda. Pilih ruangan di mana akuarium Anda akan terlihat dan menonjol.

Visibilitas juga penting agar Anda dapat melihat apakah ada retakan atau kebocoran di akuarium. Anda juga dapat dengan mudah mengamati perilaku ikan dan mengetahui bila ada yang salah.

5. Soket listrik

Pastikan ada soket listrik di dekat tempat Anda akan meletakan akuarium. Anda perlu memastikan bahwa filter, pompa udara, hingga unit lampu berfungsi dengan baik.

Berhati-hatilah agar air akuarium tidak terciprat langsung ke area soket. Karena itu, disarankan soket tidak berada tepat di belakang akuarium, tetapi sedikit ke samping.

https://properti.kompas.com/read/2023/08/08/150000721/bingung-pilih-lokasi-penempatan-akuarium-di-rumah-pertimbangkan-5-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke