Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapatkan Anda Mengecat Dinding Keramik Kamar Mandi?

Salah satu caranya yakni melakukan pengecatan. Meskipun terdengar asing, namun pengecatan dinding keramik kamar mandi bisa dilakukan.

Bila Anda tertarik mengecat keramik kamar mandi yang ada di bagian dinding maka dibutuhkan persiapan yang teliti serta penggunaan jenis produk yang tepat.

Anda tentu tidak ingin cat yang digunakan aus sebelum waktunya atau terkelupas tanpa alasan. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan tampilan terbaik seperti dikutip dari HGTV. 


1. Bersihkan keramik

Mulailah dengan mencuci keramik di dinding kamar mandi secara menyeluruh menggunakan pembersih trisodium fosfat (TSP).

TSP sangat kuat yang mampu menghilangkan tidak hanya kotoran, tetapi juga lemak, dam kotoran pada permukaan keramik Anda.

Setelah itu, gunakanlah sarung tangan dan sepatu, basahi sikat dan gosok di lantai untuk menghilangkan noda yang terlihat dan tidak terdeteksi.

Jika Anda menggunakan pel, sering-seringlah membilas dan membasahi kembali kain pel. Ulangi sampai seluruh permukaan keramik dan nat bersih secara menyeluruh.

Gunakan amplas halus untuk membantu menghilangkan lapisan kilap pada keramik. Manfaatkan kain bersih dan lembab untuk mengumpulkan dan mengangkat debu ekstra yang tersisa dari agitasi.

Menghilangkan semua debu merupakan langkah krusial sebelum Anda mulai melapisi dinding keramik dengan cat.

3. Gunakan primer

Melapisi keramik dengan cat primer merupakan salah satu langkah paling krusial namun sering diabaikan oleh pemilik rumah.

Pastikan untuk menggunakan primer dengan daya rekat tinggi untuk menciptakan lingkungan yang ideal bagi cat.

Penggunaan primer akan membantu mencegah pengelupasan dan pengelupasan cat seiring waktu.

Gunakan roller untuk mengoleskan primer ke permukaan ubin dan mendistribusikannya secara merata untuk mencegah penumpukan di area yang berbeda.

4. Cat keramik

Mengecat keramik merupakan bagian yang paling mudah dilakukan setelah Anda menjalani  serangkaian rutinitas pembersihan.

Jenis cat seperti lateks, lateks akrilik, dan enamel semuanya akan bekerja dengan baik pada keramik jika Anda telah menggunakan primer.

Terapkan dua hingga tiga lapis, sesuai kebutuhan, sampai dinding keramik di kamar mandi tertutup penuh.

https://properti.kompas.com/read/2023/02/09/203000921/dapatkan-anda-mengecat-dinding-keramik-kamar-mandi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke