Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tanda Lemari Minimalis Kayu Anda Perlu Diganti

JAKARTA,KOMPAS.com -Lemari minimalis kayu merupakan salah satu furnitur yang tak hanya serbaguna namun juga bisa bertahan lama.

Bila terbuat dari bahan berkualitas, maka lemari minimalis kayu bisa bertahan hingga kurang lebih 50 tahun.

Namun demikian, ada kalanya Anda perlu mengganti lemari minimalis lebih cepat dari seharusnya karena ada beberapa masalah terutama soal strukturnya.

Berikut ini, 3 tanda yang muncul dan menandakan lemari minimalis kayu di rumah Anda harus segera diganti seperti dikutiip dari laman Cabinet Direct USA. 

Tidak bisa menutup dengan benar 

Lemari kayu yang berada di dapur sangat rentan rusak karena ada paparan air yang berlebihan, misalnya dari pipa air yang bocor.

Jika lemari minimalis kayu Anda terlihat bengkak, tidak bisa menutup dengan benar, atau menunjukkan bintik-bintik warna gelap, berarti furnitur tersebut dirusak oleh air.

Tanda-tanda fisik lainnya yang menunjukan bahwa lemari Anda sudah rusak karena air antara lain kayu mulai melengkung, laminasi eksternal terkelupas, perubahan warna kayu yang semakin gelap serta infeksi jamur.

Sangat kecil kemungkinan lemari kayu tersebut bisa kembali seperti semula terlebih Anda terlambat untuk mendeteksi kerusakan.

Jika keseluruhan fungsi lemari Anda sudah tidak lagi optimal, maka itu sudah menjadi tanda bahwa Anda harus menggantinya dari memperbaiki lagi.

Salah satu tanda bahwa lemari Anda tak lagi berfungsi dengan baik adalah jika pintu lemari terbuka dan saling bertabrakan, atau laci tidak terbuka secara sempurna.

Tidak peduli seberapa bagus penampilan lemari Anda secara estetika, jika tidak berfungsi secara efisien maka Anda mungkin harus menggantinya.

Struktur kayu semakin lembek

Satu hal yang wajib Anda periksa sebelum memperbaiki lemari minimalis kayu adalah kondisi struktur bagian dalam emari.

Sebelum mengeluarkan uang untuk memperbaiki atau mengganti pintu lemari, buka lemari dan periksa bagian dalamnya.

Bila alas lemari atau dinding tersebut semakin lunak atau sudah dipenuhi jamur maka lemari tersebut harus dibongkar lalu kemudian diperbaiki.

Namun biaya perbaikan cukup mahal karena banyak komponen yang akan diganti. Karena itu, sebaiknya alokasikan dana untuk membeli lemari yang baru.

https://properti.kompas.com/read/2023/01/20/093000221/3-tanda-lemari-minimalis-kayu-anda-perlu-diganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke