Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memelihara Tanaman Tropis di Halaman Depan Rumah

Beberapa jenis tanaman tropis seperti telinga gajah, caladium, anggrek, pisang-pisangan dan kembang sepatu bisa tumbuh subur dan membuat halaman depan rumah Anda lebih sejuk.

Pada daerah tropis, menumbuhkan tanaman di halaman depan rumahtidak jauh berbeda dengan di tempat lain. Namun, tanaman-tanaman tersebut membutuhkan perawatan ekstra karena terkadang suhu yang terlalu tinggi.

Berikut, beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanaman tropis di halaman depan rumah Anda tumbuh subur.

Drainse yang baik

Pertama, selalu pastikan tanaman Anda ditanam di tanah yang sehat dan memiliki drainase yang baik. Perkaya tumbuhan Anda dengan bahan organik dan lembab.

Tanah yang sehat menciptakan tanaman yang sehat meskipun Anda tinggal di lokasi tropis, dengan musim panas yang kering. 

Jenis pupuk

Jangan tergila-gila memberi pupuk berlebihan, terutama soal nitrogen. Nitrogen yang berlebihan akan menghambat pembungaan dan meningkatkan pertumbuhan dedaunan.

Sebaliknya, pilihlah pupuk dengan kandungan fosfor tinggi. Lebih baik lagi, coba gunakan pupuk kandang yang memiliki kandungan nustrisi yang seimbang. 

Tips selanjutnya adalah menggunakan wadah untuk menumbuhkan tanaman. Ini memungkinkan Anda memindahkan tanaman dengan mudah, terutama jika cuaca buruk tiba.

Misalnya ketika hujan dan angin kencang, Anda dapat memindahkan tumbuhan untuk sementara waktu ke dalam rumah untuk menghindari patahnya batang.

Beri kelembaban ekstra

Bila cuaca terlalu pas, mungkin Anda harus membawa tanaman ke dalam ruangan. Terutama untuk tanaman-tanaman yang butuh kelembaban tinggi.

Ini juga bisa disiasati dengan penggunaan pelembab udara atau baki yang berisi kerikil dan air. Penyiraman setiap hari juga membantu memberikan kelembaban.

https://properti.kompas.com/read/2022/11/25/140000921/tips-memelihara-tanaman-tropis-di-halaman-depan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke