Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menata Ruang Penyimpanan di Garasi Rumah Minimalis

Garasi rumah minimalis memang tak hanya dimanfaatkan sebagai tempat diletakannya mobil, namun sebagai gudang untuk menyimpan sejumlah barang lain terutama yang berhubungan dengan perkakas taman dan otomotif.

Bagi Anda yang ingin membuat garasi di rumah minimalis, berikut cara-cara yang bisa dilakukan seperti disadur dari My Smarter Home. 

1. Sortir barang

Di dalam garasi, terdapat banyak barang. Karena itu, harus dibuat sistem penyimpanan khusus agar barang-barang bisa tertata dengan rapi.

Namun, sebelum membuat sistem penyimpanan garasi Anda, Anda perlu mengeluarkan dan menyortir semua barang yang ada di dalam garasi.

Buanglah barang-barang yang menurut Anda tidak diperlukan. Jika punya penyimpanan, evaluasi kembali setiap item tersebut.

Anda dapat mencoba trik “spark joy” yakni simpanlah a barang-barang yang memberi Anda sedikit kebahagiaan dan sumbangkan atau buang sisanya.

Atau lihatlah sesuatu dari sudut pandang yang lebih praktis yakni kapan terakhir kali Anda menggunakan barang tersebut.

Jika barang tersebut belum pernah Anda gunakan dalam satu tahun terakhir ini, kemungkinan besar Anda tidak memerlukannya.

2. Atur barang

Setelah selesai melakukan penyortiran barang, mungkin Anda perlu mengatur ulang dan mengemas ulang barang-barang Anda.

Simpanlah barang-barang serupa di dalam satu lokasi. Idealnya simpan dalam kotak plastik transparan agar mudah terlihat.

Beri label yang dapat dibaca dan mudah dikenali sehingga Anda tak perlu repot mencarinya ketika sedang membutuhkannya.

Gunakanlah ruang vertikal untuk menyimpan perlengkapan dan barang-barang Anda. Ini akan membuat garasi terlihat lebih luas dan melindungi barang-barang dari banjir.

Setelah Anda mengatur dan memberi label barang-barang Anda, Anda akan tahu berapa banyak dan jenis ruang penyimpanan yang akan dibutuhkan.

Rak dan lemari sangat cocok untuk penyimpanan barang-barang kecil seperti perlengkapan pembersih kolam renang dan peralatan taman.

Sementara papan pasak sangat bagus untuk menampilkan alat. Sedangkan sistem penyimpanan overhead sangat bagus untuk peralatan berkemah besar atau dekorasi liburan.

4. Prioritaskan barang yang sering digunakan

Beberapa barang, seperti peralatan, sepeda dan mainan anak, perlengkapan kebersihan, dan kaleng bahan pokok dapur seperti kacang atau tomat mungkin perlu diakses secara teratur.

Saat Anda mengatur barang-barang Anda, perhatikan barang-barang apa yang membutuhkan tempat utama di garasi Anda untuk memudahkan akses.

Simpan barang-barang tersebut pada rak yang mudah dijangkau, dan kembalikan setelah selesai digunakan.

Barang-barang yang tidak sering digunakan atau hanya musiman harus disimpan pada area yang ebih tinggi agar tetap aman.

Membuat garasi di rumah minimalis mungkin terdengar seperti sebuah tantangan, tetapi dengan strategi dan solusi penyimpanan yang tepat, hal itu dapat dicapai.

https://properti.kompas.com/read/2022/10/04/201500721/begini-cara-menata-ruang-penyimpanan-di-garasi-rumah-minimalis

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+