Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panel Surya Anda Terendam Banjir? Ini Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan

Terlebih bila Anda tinggal di daerah langganan banjir dan memiliki sistem drainase yang cukup buruk. Namun panel surya di atap juga bisa tergenang banjir terlebih jika volume air mencapai atap rumah Anda.

Setelah banjir merendam panel surya Anda, harus ada langkah penanganan yang cepat dilakukan untuk penyelamatan.

Sebagai informasi, sistem kelistrikan dalam bentuk apa pun termasuk panel surya tidak akan bercampur dengan air.

Jika ada kemungkinan bahwa switchboard Anda, inverter surya, baterai surya, aksesori seperti isolator, terendam selama banjir, maka keselamatan harus menjadi prioritas Anda.

Ada dua sisi sumber listrik rumah Anda yang perlu diperhatikan yakni listrik AC, yang berasal dari jaringan, serta listrik DC, yang berasal dari susunan Anda.

Listrik AC merupakan daya listrik yang masuk ke rumah Anda dari jaringan, memiliki perlindungan bawaan di switchboard Anda.

Sebaiknya, hubungi perusahaan asuransi serta penyedia listrik di tempat Anda berdomisili untuk meminta saran tentang langkah selanjutnya.

Sementara itu untuk daya listrik DC merupakan daya listrik berasal dari susunan di atap dan bisa menjadi sumber bahaya yang lebih berisiko.

Hal tersebut karena segera setelah array Anda kembali di bawah sinar matahari, modul/panel akan beroperasi dan menghasilkan daya. Jika isolator Anda telah terendam, maka ada potensi untuk terjadi kebakaran.

Agar lebih aman, sebaiknya matikan isolator AC dan DC yang terhubung ke sistem panel surya Anda. Jika panel surya Anda terendam, maka isolator DC juga perlu dimatikan dan dinilai oleh ahli listrik yang sudah bersertifikat.

Jika Anda memiliki daya dan sistem terlihat kering dan beroperasi, kami tetap tidak menyarankan untuk menyalakan kembali sistem Anda sampai kerusakannya dinilai oleh teknisi listrik yang berkualifikasi.

Panel surya memang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan, namun jika panelnya terendam, maka produk ini harus dinilai terlebih dulu.

Misalnya apakah panel tersebut rusak, atau ada retakan mikro dan beberapa hal lainnya yang membuat masuknya uap air.

Komponen saluran, kabel, dan listrik mungkin juga perlu diganti sepenuhnya sehingga harus dilihat apakah produk panel surya tersebut masih bisa digunakan.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/28/210000521/panel-surya-anda-terendam-banjir-ini-beberapa-hal-yang-bisa-dilakukan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+