Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Perbanyak Ruang Penyimpanan di Rumah Minimalis

JAKARTA,KOMPAS.com - Salah satu ciri utama dari rumah minimalis adalah tampilan yang rapi. Karena itu, butuh banyak ruang penyimpanan agar setiap barang tidak berantakan.

Ruang penyimpanan di rumah minimalis akan sangat berguna terutama jika Anda tinggal dengan anak kecil.

Berikut adalah tips dan trik cara membuat ruang penyimpanan ekstra di rumah minimalis yang Anda tempati.

Singkirkan Barang

Langkah pertama untuk membuat lebih banyak ruang penyimpanan di rumah Anda adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan.

Metode terbaik untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan adalah menganalisis barang di setiap ruangan.

Bagi ruangan besar atau rumit menjadi beberapa zona untuk membantu Anda tetap teratur. Kemudian, bekerjalah dengan cepat untuk memutuskan item mana yang harus dibuang atau disimpan.

Selain menyumbang, Anda juga bisa menjual barang-barang yang tidak Anda simpan alih-alih membuangnya ke tempat sampah.

Atur area penyimpanan

Solusi penyimpanan yang baik dan menciptakan lebih banyak ruang adalahmengelompokkan barang-barang serupa. Dengan begitu, semuanya barang bisa memiliki lokasi tersendiri.

Anda bisa menggunakan wadah penyimpanan plastik bening sehingga memungkinkan Anda melihat ke dalam dan bisa menghemat waktu Anda saat mencoba menemukan sesuatu.

Selain itu, keranjang dan tempat anyaman dekoratif sangat cocok untuk ruang tamu di mana Anda menginginkan solusi penyimpanan yang menarik dan fungsional.

Pilih area yang mudah dijangkau

Ruang penyimpanan terbaik adalah tempat yang paling mudah Anda jangkau. Maksimalkan area tersebut untuk menyimpan barang-barang yang paling sering digunkan.

Di sisi lain, untuk barang-barang yang tidak sering Anda gunakan, pertimbangkan untuk mencari ruang penyimpanan yang berbeda.

Manfaatkan ruang vertikal

Jangan mengabaikan ruang di atas kepala Anda. Area ini adalah tempat yang bagus untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan.

Memanfaatkan zona vertikal adalah cara yang bagus untuk membangun ruang penyimpanan di rumah kecil. Misalnya, menambahkan rak di atas lemari pakaian Anda untuk memanfaatkan ruang vertikal.

Untuk ruang penyimpanan di bawah tangga, lemari kecil atau rak khusus bisa menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan ruang kosong.

Berikan label

Pertimbangkan untuk memberi label wadah penyimpanan, terutama jika tidak tembus pandang, untuk membantu mengingatkan Anda apa yang tersimpan di dalamnua.

Ini juga dapat membantu anggota keluarga lain untuk mengetahui di mana menemukan dan mengembalikan barang. Selain itu, laci dan rak juga bisa diberikan label.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/25/141521721/begini-cara-perbanyak-ruang-penyimpanan-di-rumah-minimalis

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+