Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Mudah Ciptakan Dapur Fungsional untuk Rumah Minimalis Idaman

Dapur yang berantakan berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang. Ini sangat disayangkan karena Anda justru tinggal di rumah minimalis.

Jika Anda ingin melakukan perubahan besar, maka bereskanlah kekacauan di dapur untuk mendapatkan tampilan rumah minimalis modern secara keseluruhan.

Berikut 5 langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk menciptakan dapur fungsional dan rapi di rumah minimalis.

Decluttering

Decluttering merupakan langkah untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai di dalam hunian. Upaya ini wajib Anda lakukan untuk menciptakan dapur yang fungsional dan bersih.

Pertama, lakukan inventarisasi seluruh barang yang Anda miliki di dapur Tanyakan pada diri Anda, manakah barang yang paling jarang digunakan dan apakah masih dibutuhkan dalam beberapa bulan ke depan.

Bila barang tersebut tidak pernah digunakan, sebaiknya singkirkan dari area dapur. Decluttering dapat membuat dapur Anda terlihat lebih besar dan memaksimalkan ruang penyimpanan.

Kunci dari desain dapur minimalis adalah menciptakan ruang kosong sebanyak mungkin. Sedapat mungkin, peralatan apapun harus berada di balik pintu tertutup.

Batasi variasi warna

Desain rumah minimalis berbicara tentang meminimalkan kontras dan menggunakan warna sesedikit mungkin.

Hilangkan pegangan dekoratif

Menghilangkan pegangan pintu dekoratif pada lemari dapur akan secara instan mengubah tampilan ruangan menjadi kian ramping.

Anda dapat beralih ke sistem kunci magnetik tanpa pegangan yang menawarkan tampilan yang lebih elegan. Dapur Anda pun akan terlihat lebih luas dan bersih.

Bila tidak mendapatkan akses ke sistem kunci magnetik, Anda juga dapat menggunakan pegangan logam yang ramping untuk pintu lemari.

Perbanyak area penyimpanan

Meskipun sudah melakukan decluttering, namun Anda masih membutuhkan peralatan untuk memasak dan makan.

Selain memiliki lemari dengan ukuran besar, Anda dapat mengatur dapur lebih efisien dengan penyimpanan tersembunyi.

Tetap fungsional

Singkirkan barang yang tidak penting dari dapur Anda. Habiskan dana pada barang-barang esensial yang bisa bertahan lama.

Produk-produk penting seperti keran, wastafel, lemari es, kompor, lemari penyimpanan, dan meja dapur jelas harus tetap ada.

Fokuslah pada fungsi sebuah barang bukan pada banyaknya. Misalnya, hindari membeli saringan dalam berbagai material dan bentuk karena fungsinya hanya satu yakni untuk menyaring.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/22/160000321/5-langkah-mudah-ciptakan-dapur-fungsional-untuk-rumah-minimalis-idaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke