Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Panel Surya Hybrid dan Cara Kerjanya

Dalam sistem kerja panel surya, istilah hybrid mengacu pada sistem yang menggunakan kombinasi energi solar dan baterai yang dapat berinteraksi dengan jaringan listrik.

Panel surya hybrid akan menghasilkan daya dengan cara yang sama seperti sistem panel surya tradisional.

Namun panel ini telah dilengakapi dengan  inverter dan baterai khusus untuk menyimpan pasokan energi yang bisa digunakan nanti.

Kemampuan penyimpanan energi matahari ini memungkinkan panel surya hybrid juga beroperasi sebagai catu daya cadangan selama pemadaman listrik terjadi, mirip dengan sistem kerja pada UPS.

Baterai yang ada di dalam panel surya hybrid menggunakan inverter hybrid yang memiliki pengisi daya baterai dan koneksi bawaan.

Sistem panel surya tradisional saat ini memang dinilai kurang efisien. Hal ini karena banyak orang yang bekerja di luar rumah pada siang hari sehingga tidak bisa menggunakan energi matahari yang dihasilkan oleh panel.

Ini sangat cocok pemakaian di rumah tangga meskipun untuk sebagian besar bisnis yang beroperasi pada siang hari, panel surya konvensional masih merupakan pilihan yang paling ekonomis.

Panel surya hybrid memungkinkan Anda untuk menyimpan energi matahari dan menggunakannya saat Anda berada di rumah pada malam hari ketika biaya penggunaan listrik tinggi.

Namun, harga inverter hybrid cukup mahal. Jika tidak menambahkan baterai selama pemasangan awal maka menemukan baterai yang kompatibel setelah beberapa tahun mendatang bisa menjadi masalah besar.

Proses pemasangan panel surya hybrid juga lebih kompleks membutuhkan lebih banyak ruang sehingga memiliki biaya pemasangan yang lebih tinggi.

Penggunaan daya cadangan dari baterai juga dapat membatasi penggunaan peralatan elektronik di rumah terutama saat malam hari.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/22/153000421/mengenal-panel-surya-hybrid-dan-cara-kerjanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke