Salin Artikel

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Buat Musala di Rumah Minimalis

JAKARTA,KOMPAS.com - Saat ini, memiliki musala di rumah minimalis sudah menjadi kebutuhan, terutama untuk menunjang ibadah yang lebih fokus dan tenang.

Mushola di rumah minimalis juga bisa menjadi ruang khusus untuk belajar beribadah bersama keluarga, terutama bagi anak-anak.

Karena itu, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat mushola di rumah minimalis agar terlihat selaras dengan konsep hunian secara keseluruhan.

Berikut  5 hal yang wajib Anda pertimbagkan sebelum membangun musala di rumah minimalis seperti dikutip dari News Delivers. 

Lokasi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat ingin menempatan musala di dalam rumah adalah pemilihan lokasi yang tepat. 

Memilih lokasi yang tepat juga penting agar ibadah bisa dilakukan dengan lebih tenang. Misalnya berada di sudut dekat ruang tamu atau kamar tidur.

Ukuran musala juga tidak boleh terlalu kecil, sehingga bisa digunakan untuk beribadah bersama.

Letakan perabot yang penting

Di dalam musala, Anda tetap bisa meletakan perabot. Namun pastikan hanya barang yang penting saja dan bisa berguna untuk menunjang aktivitas ibadah.

Agar tertata rapi, pakai rak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan kebutuhan ibadah seperti Al-Qur'an dan buku-buku Islam.

Anda juga dapat mendekorasi dinding musala dengan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur'an yang inspiratif. Letakkan juga kotak hias untuk menyimpan tasbih.

Tentukan warna cat

Agar ibadah dapat dilakukan dengan lebih nyaman, pilihlah warna musala ang sejuk dan netral. Misalnya, putih, krem, coklat muda, aksen kayu atau warna terang.

Pilihan penutup lantai

Agar konsep minimalis tetap terjaga, gunakanlah penutup lantai yang sederhana. Anda bisa memasang karpet polos untuk membantu meredam suara di dalam musala.

Jika tidak ingin menggunakan karpet, pilihlah jenis keramik yang sejuk dan berwarna terang agar musala bisa tampak lebih luas.

Pencahayaan

Karena akan digunakan sebagai tempat ibadah, gunakanlah pencahayaan yang cukup di dalam musala.

Hindari penggunaan lampu gantung dengan banyak ornamen karena bisa membuat musala terlihat lebih sesak dan padat.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/20/164500121/pertimbangkan-5-hal-ini-sebelum-buat-musala-di-rumah-minimalis

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.