Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Bikin Taman Vertikal di Rumah Minimalis

Namun, Anda bisa membuat rumah minimalis terlihat lebih natural dengan membuat area taman di dalam hunian.

Bagi pemilik rumah minimalis yang tinggal di kawasan perkotaan dan hanya memiliki lahan yang sempit, taman vertikal bisa menjadi solusi.

Taman jenis ini dapat berlokasi di dalam atau di luar ruangan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyembunyikan kontur dinding yang jelek.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat taman vertikal di rumah dengan desain minimalis seperti dikutip dari The Daily Gardener.

Tentukan tujuan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan tujuan pembuatan tanaman vertikal di rumah.
Bila tujuan Anda adalah menutupi dinding yang tidak menarik, Anda harus memilih tanaman yang cocok ditempatkan pada area tersebut.

Sebaliknya, bila ingin menumbuhkan spesies tanaman tertentu, Anda harus menemukan lokasi yang paling memungkinkan agar tanaman bisa berkembang.

Misalnya, jika Anda ingin menanam tanaman yang menyukai sinar matahari, pilihlah dinding yang memberikan sinar matahari sebanyak mungkin.

Pertimbangkan juga faktor lainya seperti angin, hujan, dan suhu serta apakah Anda dapat menumbuhkan spesies tersebut di lokasi Anda berdomisili.

Siapkan bingkai

Setelah mengetahui jenis tanaman apa yang akan ditanam serta lokasi taman vertikal, Anda perlu membuat bingkai.

Beberapa material bisa digunakan mulai dari kayu, pipa pvc, hingga logam. Sesuaikanlah pilihan material dengan dana yang Anda miliki.

Buatlah bingkai taman seperti yang Anda inginkan. Mulai dari luasnya, berapa tingkatkan hingga jumlah tanaman yang akan diletakan.

Pasang lapisan pendukung

Langkah selanjutnya adalah menempelkan lapisan pendukung ke bingkai. Ketika bingkai telah selesai dibuat, Anda harus membuat kantong untuk tanaman di antara lapisan kain luar dan lapisan dalamnya.

Pembuatan lapisan ini akan membantu melindungi dinding dari air yang akan terus mengalir di taman vertikal ketika tanaman disirami. Terpal plastik keras merupakan bahan pelapis terbaik.

Pasang bingkai ke dinding

Setelah bingkai selesai dirakit, langkah selanjutnya adalah memasangnya ke dinding. Anda dapat menggantungnya secara permanen atau membuatnya mudah dilepas.

Untuk versi taman dapat dilepas penggunaan kait sudah cukup. Sementara untuk pemasangan yang lebih permanen, dibutuhkan paku atau baut.

Buat tempat tanaman

Sebagai tempat tanaman, Anda bisa membuatnya dari lapisan kain yang dibuat seperti kantong, di mana bagian tepinya harus dijepit menggunakan staples. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan talang air bekas atau membuat taman vertikal dengan deretan pot dari tanah liat.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/15/153000221/begini-cara-bikin-taman-vertikal-di-rumah-minimalis

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+