Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Mewujudkan Interior Rumah Minimalis

JAKARTA,KOMPAS.com - Rumah minimalis merupakan salah satu konsep penataan hunian yang menonjolkan kesederhanaan dan tidak memiliki banyak elemen tambahan.

Bila Anda sudah lama memiliki impian untuk menikmati momen seusai pulang kerja dengan bersantai di dalam rumah minimalis, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mewujudkannya.

Untuk menerapkan konsep rumah minimalis, Anda bisa memulai dengan bagian interior kemudian setelah itu beralih ke bagian eksterior serta taman.

Berikut 5 cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan interior rumah minimalis seperti dikutip dari My Domaine.

Pilih furnitur multifungsi

Rumah minimalis identik dengan tampilan ruangan yang rapi dan bersih. Karena itu, pilihlah furnitur multifungsi, yang tak hanya menjalankan fungsinya sebagai furnitur semata namun juga bisa difungsikan sebagai area penyimpanan.

Misalnya kursi jenis ottoman tak hanya bisa menjadi pilihan tempat duduk yang elegan untuk ruang tamu, tapi juga berfungsi sebagai area penyimpanan.

Selain itu, keranjang atau peti anyaman dengan penutup bisa menjadi elemen dekorasi sekaligus area penyimpanan.

Letakan tanaman

Tanaman adalah salah satu elemen yang wajib hadir di dalam rumah minimalis. Selain menyejukan mata, tanaman juga bisa menjadi elemen dekorasi.

Jangan sampai berantakan

Langkah penting untuk menerapkan desain minimalis di dalam rumah adalah membuat ruangan selalu terlihat rapi. Itu artinya, tidak ada ruang untuk barang-barang yang beserakan.

Anda bisa mulai untuk membuang atau mendonasikan kembali hal-hal yang tidak lagi Anda butuhkan atau inginkan.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ruang agar rumah terlihat lebih luas dan lapang.

Tambahkan elemen dekorasi dengan hati-hati

Meskipun rumah Anda akan didesain dengan gaya minimalis, bukan berarti rumah Anda terutama bagian dinding harus kosong sepenuhnya.

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memasukkan elemen dekorasi ke dalam rumah yang secara menyenangkan dan fungsional.

Misalnya memasukan meja rias di dalam kamar tidur bisa menambahkan elemen dekoratif dan sentuhan gaya serta sebagai area penyimpanan yang efektif.

Maksimalkan pencahayaan

Pada semua ruangan dalam rumah minimalis pemanfaatan cahaya adalah keharusan. Dari cahaya alami atau sumber cahaya lainnya, Anda dapat menciptakan berbagai suasana di dalam ruangan.

Gunakan tirai atau gorden dengan warna-warna netral dan tipis agar cahaya matahari bisa dengan mudah memasuki ruangan.

Bila masih ragu menata interior di dalam rumah minimalis, Anda bisa memakai jasa desainer interior untuk mendapatkan hasil penataan yang maksimal.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/05/120000021/cara-tepat-mewujudkan-interior-rumah-minimalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke