Salin Artikel

3 Cara Memilih Palet Warna Cat yang Cocok untuk Rumah Anda

Sebelum beli cat, pikirkan tujuan ruangan dan makna warna sebelum memilih palet warna yang sempurna.

Warna yang berbeda menciptakan suasana hati yang berbeda dalam ruang dengan mengkomunikasikan perasaan yang beragam seperti kegembiraan, relaksasi, ketenangan, misteri, gairah, dan sebagainya.

Warna dapat mengubah ruang. Warna dapat meningkatkan perasaan dan kesejahteraan, membuat ruang Anda terasa lebih besar, lebih hangat, atau nyaman serta menerangi ruang gelap atau bahkan memberi energi pada area statis.

Warna adalah dasar dan alat yang lebih berguna yang banyak digunakan oleh desainer untuk menciptakan suasana hati dan getaran tertentu.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjawab beberapa pertanyaan tentang fungsionalitas ruang Anda.

Dilansir dari dsigners, Rabu (18/08/2021), berikut fungsi warna berdasarkan fungsi ruang

1. Pilih Warna Netral

Secara umum, palet warna suatu ruang terdiri dari warna-warna netral dan warna aksen. Cara yang bagus untuk mulai merencanakan palet warna adalah dengan memilih warna-warna netral, yang akan menjadi latar belakang dan dasar untuk ruang Anda.

Warna netral dibagi menjadi dua kelompok: warna netral hangat dan warna netral dingin. Anda harus mengidentifikasi mana yang sesuai dengan tipe ruang, gaya, dan perabotan serta detail yang mungkin Anda miliki di dalam ruangan.

Memilih warna netral biasanya agak rumit karena terkadang sulit untuk mengidentifikasi nada warna.

2. Pilih Warna Aksen

Untuk memilih palet warna yang sempurna, warna aksen sangat penting untuk memberikan kontras dan menekankan elemen penting ruang.

Memilih warna netral akan memudahkan Anda dalam memilih warna aksen. Seperti namanya, warna aksen menonjolkan elemen tertentu untuk memberikan komposisi dinamisme dan kontras.

Nada aksen tidak harus berupa warna-warna cerah, tetapi warnanya harus kontras.

Pada gaya minimalis atau Skandinavia, Anda bisa menggunakan warna netral terang sebagai dasar dan menggunakan warna hitam atau abu-abu tua sebagai aksen.

Meskipun ini adalah palet monokrom, kontras antara hitam dan putih sangat tinggi sehingga memiliki fungsi serupa untuk menonjolkan sesuatu yang istimewa dalam ruang.

2. Bereksperimen

Untuk memilih palet warna yang sempurna, bereksperimen sangat penting. Sebelum berinvestasi dalam membeli cat untuk seluruh rumah Anda, mulailah mengecet ruang kecil dengan dinding aksen.

Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat apakah warna cat sesuai dengan keinginan dan cocok untuk ruangan.

3. Uji Warna Cat

Saat memilih palet warna untuk rumah, sangat disarankan agar Anda menguji warna cat Anda pada satu area dinding.

Hanya dengan memegang swatch cat di dinding tidak akan memberi Anda gambaran akurat tentang efeknya.

Uji cat pada setiap dinding di kamar Anda dengan membuat tambalan dengan dua lapisan, dan perhatikan bagaimana itu dipengaruhi oleh cahaya alami pada waktu yang berbeda dalam sehari.

https://properti.kompas.com/read/2021/08/18/180000921/3-cara-memilih-palet-warna-cat-yang-cocok-untuk-rumah-anda

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.