Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lockdown Bikin Tingkat Hunian Hotel di Australia Turun Drastis

Hal tersebut disampaikan oleh STR yang merupakan lembaga penyedia data pasar dari industri perhotelan di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari situs resminya, lockdown sangat memengaruhi kinerja hotel dalam beberapa minggu terakhir.

“Adanya lockdown dan terus diperpanjang karena adanya kasus baru Covid-19 ini akan memengaruhi kinerja hotel dalam beberapa pekan terakhir,” ujar manajer regional STR untuk wilayah Pasifik, Matthew Burke.

Menurut Burke, meskipun musim dingin merupakan salah satu faktor pencetus menurunnya angka pemesanan hotel, namun lockdown yang mencegah masuknya warga negara lain merupakan hal yang paling berpengaruh.

“Banyak perjalanan yang dibatalkan karena lockdown. Kami mencatat bulan lalu bahwa data pemesanan hotel di Australia cenderung menurun,” jelasnya.

Di daerah yang memberlakukan lockdown lebih lama, tingkat keterisian kamar hanya di bawah 20 persen dalam periode 26 Juli-1 Agustus.

Pasar di area sekitar maupun di tengah kota Sydney, masing-masing mencatat tingkat hunian 15,6 persen dan 15,8 persen. Ini adalah level mingguan terendah pada tahun 2021.

"Lockdown yang diperpanjang di Sydney dan yang terbaru di Brisbane telah menyebabkan kapasitas maskapai juga menyusut secara dramatis," kata Burke.

Burke mencontohkan maskapai penerbangan Qantas, langsung beralih fungsi untuk beroperasi secara domestik 100 persen pada bulan Mei. 

Sementara untuk hotel, data terbaru dari STR menunjukkan Sydney, Melbourne dan Brisbane memiliki tingkat hunian yang lebih rendah di awal bulan dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.

Di pasaran, mulai muncul ide untuk melakukan perjalanan antar negara bagian. Eksekusi ide ini telah dimulai dengan adanya kampanye voucher pariwisata di Tasmania dan Northern Territory.

Meskipun naik dari minggu ke minggu, Adelaide (30,0 persen), Melbourne (27,1 persen) dan Canberra (21,2 persen), angka ini termasuk rendah.

Area Darwin mencatatkan okupansi tertinggi di Australia untuk minggu ini, dengan 65,4 persen. Okupansi mingguan pasar mencapai 82,0 persen pada akhir Mei.

https://properti.kompas.com/read/2021/08/11/050000221/lockdown-bikin-tingkat-hunian-hotel-di-australia-turun-drastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke