Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Bisa Menciptakan Gaya Bohemian pada Hunian?

Gaya Bohemian ini memang tidak sepopuler gaya desain interior lainnya, seperti industrial, rustic maupun minimalis. Namun, bukan berarti gaya ini tidak cocok diaplikasikan sebagai hunian.

Terlebih bagi para penghuni yang memiliki jiwa dinamis dan punya selera tinggi terhadap seni yang wow, gaya ini rasanya sesuai untuk diterapkan pada rumah-rumah mereka.

Skema gaya bohemian dapat dideskripsikan sebagai gaya kasual yang tidak terpaku pada aturan keilmuan desain, dimana gaya bohemian adalah sebuah gaya  harmoni, warna, material maupun bentuk bisa dipadukan tanpa takut dibilang salah. 

Dilansir dari Architectural Digest, Rabu (4/8/2021), 'Boho style' banyak diterapkan pada lifestyle, fashion, dan desain interior karena terlihat unik dan eksentrik.

Lalu, bagaimana bisa menciptakan gaya ini pada hunian Anda? 

1. Pilih Motif atau Pola ala Boho

Pilih motif berbahan tekstil yang berani dan berwarna-warni pada bantal, karpet, gorden, dan kain pelapis.

Selain itu, anda dapat menggantung salah satu kain ini di dinding sebagai wallpaper dinding yang tidak konvensional dan menandakan kebebasan.

Anda juga dapat melihat bagaimana tekstur dan warna-warna berani ini tercermin dalam interior lain di ruangan, seperti lampu, dan taplak meja.

Cara paling mudah untuk menciptakan interior boho adalah dengan memadukan pola yang sama.

2. Pajang tanaman di beberapa titik ruangan

Atur secara dimana letak penempatan tanaman di dalam ruangan yang membawa dua manfaat, yaitu membersihkan udara dan memberikan sentuhan warna cerah.

Ketika menaruh tanaman di beberapa titik ruang tidak perlu rapi, sebab gaya boho tidak menuntut aturan yang kaku tapi mengutamakan kebebasan.

3. Perabot yang hampir menyentuh tanah

Dalam konsep boho, perabot yang digunakan adalah perabot yang hampir menyentuh ke tanah. 

Perabot boho biasanya nampak tua dan seolah-olah sudah sangat tua lebih dari umur penghuninya karena ini akan menambahkan nilai estetik dan historis tersendiri.

4. Pilihlah Warna Dasar ala Boho Style

Gunakan warna netral dan jaga warnanya tetap redup agar nanti kamu bisa memadukannya dengan warna dan pola yang ekspresif sebagai dasarnya.

Lalu, gunakan warna cerah untuk memadukan dengan elemen boho lainnya.

5. Pilih perabotan vintage

Perabotan yang mengilap dan licin adalah jenis furnitur yang biasanya digunakan, memanfaatkan lemari tua untuk dicat ulang dan dipadukan dengan tempat duduk akan semakin menghidupkan suasana yang alami.

https://properti.kompas.com/read/2021/08/05/110000121/bagaimana-bisa-menciptakan-gaya-bohemian-pada-hunian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke