Salin Artikel

4 Trik Menciptakan Kamar Tidur Kedap Suara

Terlebih, dilengkapi dengan furnitur dan elemen terbaik, kamar tidur akan juga menjadi tempat peristirahatan yang tenang, tidak mudah masuk atau mengeluarkan suara.

Jika Anda ingin meningkatkan ruang yang ada atau sedang dalam proses mendesain rumah dari awal, ada beberapa cara untuk membuat kamar tidur kedap suara. 

Dilansir dari Architectural Digest, Selasa (03/08/2021), berikut trik menciptakan kamar tidur kedap suara:

1. Mengatasi dinding 

Dinding adalah alat penting ketika mencoba membuat kamar tidur kedap suara. Pelapis dinding adalah hal pertama untuk memulai.

“Dinding berlapis kain adalah cara yang bagus untuk mengurangi pantulan suara di sekitar ruangan,” menurut desainer Leah Alexander.

Dia mencatat bahwa tampilan ini mungkin merupakan alternatif yang baik untuk panel dinding akustik.

Bagi mereka yang ingin menambahkan kesan glamor pada pelapis dinding, desainer Cami Weinstein merekomendasikan pelapis beludru.

2. Pikirkan bahan yang dipakai

Selanjutnya, pikirkan bahan yang akan dipakai untuk tempat tidur Anda. Leah menjelaskan, kepala tempat tidur yang tinggi dapat membungkus relung yang masuk ke dinding pada tiga sisi untuk menciptakan pelindung dan meredam suara.

“Tempat tidur berlapis kain atau kursi di samping juga berguna,” tambah Weinstein.

Lalu pikirkan untuk area lain yang ada di ruangan. Menurut desainer Stephanie Lindsey, barang lunak sangat membantu penyerapan suara.

Perancang arsitektur Anthony Wilder menunjukkan bahwa tirai tebal dan karpet beraksen di sekitar tempat tidur atau karpet dari dinding ke dinding akan menghasilkan atau menciptakan ruangan kedap suara.

Selanjutnya pilih warna dan pola favorit. Item-item ini dapat memberikan peluang luar biasa untuk elemen desain yang unik.

Jangan ragu untuk menampilkan beberapa cetakan dan lukisan favorit Anda, percaya atau tidak, dekorasi dinding sebenarnya juga memainkan peran fungsional.

"Gantung permadani atau permadani di dinding. Setiap karya seni menambahkan lapisan kedap suara ke dinding," imbuh Wilder.

3. Ganti jendela

Perancang Heather DiSabella menyarankan untuk mengganti jendela Anda.

Sebagian besar perusahaan jendela memiliki opsi panel ganda; beberapa bahkan memiliki panel rangkap tiga. Semakin banyak panel yang Anda tambahkan, semakin tinggi pengurangan suara.

4. Cermat terkait tata letak dan penyekatan

Jika sedang dalam proses membangun rumah dari awal, menurut desainer Marco Angelucci, Anda akan memiliki banyak peluang untuk mengatasi masalah suara.

Suara dapat ditransmisikan melalui saluran pemanas dan pendingin udara, jendela luar, dan celah di bawah pintu.

Tata letak adalah kunci dalam menentukan bagaimana kebisingan akan terbawa melalui ruangan. "Pertimbangkan untuk menambahkan lemari di sepanjang dinding paling bising untuk isolasi dari suara," kata Wilder. Dan ketika datang ke pintu, semakin banyak, semakin meriah. “Pasang dua pintu ke kamar tidur, seperti pintu saku yang bisa Anda tutup, selain pintu standar, sebagai penghalang kebisingan lainnya di malam hari,” tambahnya.

Sebelum memasang lantai, pilihlah Mass Loaded Vinyl (MLV), seperti yang disarankan oleh desainer Tracy Morris. “Vynil yang berat dan fleksibel ini digunakan untuk menutupi sambungan antar lantai sebagai langkah pertama dalam proses peredaman suara,” katanya. Atau tambahkan insulasi denim ke dinding Anda. “Bahan ramah lingkungan dan non-karsinogenik mengambil jeans biru daur ulang dan mengubahnya menjadi bahan kedap suara yang luar biasa,” tambah Morris. “Serat ini multidimensi—padat dan berpori pada saat yang sama—membuatnya ideal untuk kedap suara.”

https://properti.kompas.com/read/2021/08/04/110000521/4-trik-menciptakan-kamar-tidur-kedap-suara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.