Salin Artikel

Di Mana Posisi Terbaik Tempat Tidur?

Penempatan tempat tidur juga biasanya disesuaikan dengan ukuran ruangan, kepantasan dan estetika, serta terkait kemudahan aksesibilitas dan mobilitas di dalam kamar.

Dilansir dari The English Cabinet Company, berikut lima posisi terbaik tempat tidur di kamar:

1. Posisi tempat tidur di tengah (central)

Sebagai perabot paling penting, tempat tidur harus menjadi titik fokus dan posisi ini benar-benar menempatkannya dalam sorotan.

Menempatkan tempat tidur di tengah dinding memberikan fokus ruangan.

Ini juga menyisakan ruang yang cukup untuk meja samping tempat tidur agar sesuai di kedua sisi, praktis, dan menciptakan rasa keseimbangan.

Menempatkan tempat tidur dalam posisi ini membuat Anda kehilangan fleksibilitas dalam hal dekorasi.

Gunakan ruang dinding dengan bijak dengan memasukkan headboard dekoratif yang indah atau karya seni dinding yang menakjubkan.

Namun, ada beberapa alasan mengapa tata letak ini mungkin tidak praktis.

Jika ada pipa air atau gas mengalir di tengah dinding, kebisingan dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Demikian pula, jika dinding terpanjang berada di dekat pintu, tempat tidur dapat menciptakan penghalang visual yang dapat merusak estetika ruangan.

2. Posisi tempat tidur di sudut kamar

Jika ruang dinding terbatas dan Anda tidak ingin tempat tidur berada tepat di bawah jendela, pertimbangkan untuk menempatkannya di sudut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu posisikan tempat tidur pada sudut atau menyelipkannya sehingga dua tepi tempat tidur menyentuh dinding.

Penempatan tempat tidur ini berarti bahwa perhatian tidak teralihkan dari furnitur atau dekorasi lain yang berpotensi menarik perhatian yang terpusat pada dinding di dalam ruangan.

Jika Anda memiliki kamar tidur besar, menempatkan tempat tidur di sudut juga bisa membuat pernyataan yang berani.

Tempat tidur sudut, bagaimanapun, sulit untuk diperbaiki karena sesuatu sering harus dikompromikan.

Dengan posisi tengah yang miring, akan ada ruang kosong di belakangnya.

Untuk menyeimbangkannya, pastikan Anda menambahkan tirai, kain, rak, atau tirai di belakangnya.

Jika tempat tidur diletakkan pada dua dinding, itu berarti hanya ada satu sisi yang terbuka sehingga bagi mereka yang berbagi tempat tidur, itu bisa menyulitkan masuk dan keluar.

Posisi ini dapat bekerja dengan baik dengan tempat tidur kayu ukuran tunggal seperti di kamar tidur anak.

3. Posisi tempat tidur di bawah jendela

Ini karena tidak hanya menghalangi pemandangan luar, tetapi pada malam yang dingin, angin dingin mungkin merembes dan membuat tidur tidak nyaman.

Demikian juga, lampu tidur harus berhati-hati terhadap cahaya alami yang masuk saat tempat tidur diletakkan di bawah jendela karena ini juga bisa menjadi pengalih perhatian.

Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk menempatkan tempat tidur di seberang jendela sehingga Anda dapat bersantai dengan alam.

Terkadang, bagaimanapun, tidur di dekat jendela tidak dapat dihindari.

Jika jendela ditempatkan di dinding yang berseberangan dengan perlengkapan seperti perapian asli yang indah, menghadap tempat tidur ke arahnya dapat menimbulkan kedamaian dan ketenangan.

Jika Anda perlu menempatkan tempat tidur dalam posisi ini, ada beberapa cara untuk menatanya untuk menciptakan pusat kamar tidur yang menakjubkan.

Pastikan gorden digantung tinggi dan lebar sehingga tidak ada jendela yang tertutup dan pilih headboard rendah untuk membiarkan cahaya masuk sebanyak mungkin.

4. Tempat tidur di dekat pintu

Melapisi tempat tidur Anda dengan pintu menciptakan energi negatif yang menarik kekuatan pada malam hari.

Sebagai gantinya, letakkan tempat tidur secara diagonal di seberang pintu masuk sehingga Anda memiliki pemandangan pintu yang bagus.

Pastikan itu tidak menghadap langsung ke seberang pintu, karena ini sering kali dapat menyebabkan rasa rentan.

Jika Anda tidak punya pilihan selain memosisikan tempat tidur di samping pintu, ciptakan getaran positif dengan menambahkan meja dengan lampu kamar bergaya dan barang-barang dekoratif lainnya.

5. Posisi tempat tidur berada di tengah 

Meskipun mungkin tampak bertentangan, posisi tempat tidur ini juga memiliki kelebihan.

Dengan posisi itu, artinya tidak ada dinding yang membuat masuk dan keluar, dan membuat tempat tidur, lebih mudah dan menghasilkan aliran mulus di sekitar ruangan.

Untuk membuat tempat tidur pulau terasa lebih membumi, tambahkan papan kepala atau letakkan di atas karpet bermotif.

Anda akan membutuhkan ruang yang cukup untuk memilih tata letak ini, jadi jika kesulitan mendapatkan ruangan, posisi ini mungkin bukan yang tepat.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa tempat terbaik untuk memposisikan tempat tidur terutama tergantung pada ukuran, proporsi, dan perlengkapan di kamar.

https://properti.kompas.com/read/2021/07/21/090000021/di-mana-posisi-terbaik-tempat-tidur-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.