Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Membersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per Minggu (18/07/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan, total jumlah kasus aktif Covid-19 di tanah air sebanyak 542.236 jiwa atau bertambah 14.364 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Kasus aktif ini merupakan pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Adapun, total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini telah mencapai 2,8 juta orang atau tepatnya 2.877.476 orang.

Sementara itu, total kasus sembuh sebanyak 2.261.658 jiwa atau bertambah 29.264 orang dan meninggal dunia sebanyak 73.582 jiwa atau bertambah 1.093 orang.

Bagi seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tak bergejala atau disebut orang tanpa gejala (OTG) serta ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, ada satu permasalahan muncul ketika pasien dengan kategori tersebut dinyatakan sembuh seperti bagaimana mereka membersihkan rumah dengan benar.

Melansir Centres for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan berdasarkan tiga waktu yaitu kurang dari 24 jam, antara 24 jam dan 3 hari, dan usai tiga hari.

Kurang dari 24 jam

Sejatinya, Anda tidak diizinkan langsung membersihkan rumah setelah dinyatakan negatif dan harus menunggu beberapa jam.

Perlu diingat, pembersihan dan disinfeksi rumah secara menyeluruh perlu dilakukan oleh seseorang yang sehat atau orang rumah yang tidak terinfeksi Covid-19.

Pertama, hal yang dilakukan adalah memakai masker dan menggunakan sarung tangan saat membersihkan sekaligus disinfeksi ruangan.

Lalu, bersihkan dan disinfeksi permukaan di area yang digunakan oleh orang yang awalnya terinfeksi Covid-19 seperti kamar tidur dan kamar mandi.

Selanjutnya, buka jendela dan gunakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara, dan pastikan menggunakan jenis disinfektan yang aman.

Antara 24 jam dan 3 hari

Pada rentang waktu ini, Anda perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh atau sama seperti yang dilakukan di atas, tanpa melakukan disinfeksi dan tetap menggunakan masker.

Usai tiga hari

Sementara pada rentang waktu tersebut, Anda cukup membersihkan rutin atau seperti biasa dilakukan.

Mislanya, bersihkan permukaan yang paling sering disentuh seperti remot kontrol, laptop, pegangan pintu, meja, saklar lampu, dan lain sebagainya.

Bersihkan permukaan lain di rumah Anda yang nampaknya terlihat kotor atau sesuai kebutuhan.

Perlu dicatat, gunakan produk yang sesuai dengan memperhatikan label yang ada di kemasan pada saat pembersihan rutin.

https://properti.kompas.com/read/2021/07/19/130000421/begini-cara-membersihkan-rumah-usai-isolasi-mandiri-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke