Salin Artikel

6 Cara Bangun Tempat Rahasia untuk Anak Anda

Meski hanya di rumah, mereka tetap memiliki imajinasi yang tinggi dan menganggap bahwa dunianya adalah sebuah petualangan.

Salah satu kebahagiaan anak-anak adalah memiliki ruangan khusus atau ruang rahasia yang dapat mereka gunakan untuk bermain di rumah.

Dengan ruangan tersebut, mereka akan merasa seperti sedang berpetualang di negeri dongeng dan kemungkinan menghabiskan waktunya di ruangan tersembunyi itu dengan penuh keceriaan.

Melansir Point2homes, berikut cara membuat ruang bermain tersembunyi untuk anak Anda di rumah:

1. Temukan ruang yang tepat

Menemukan ruang rahasia untuk anak-anak membutuhkan sedikit imajinasi.

Jika Anda bingung, dapat berkonsultasi dengan profesional konstruksi di mana lokasi tepat untuk membuat ruang bermain tersembunyi anak.

Salah satu area yang biasa digunakan dan jarang terpakai adalah ruang di bawah tangga atau loteng.

Ruang ini umumnya dijadikan sebagai tempat penyimpanan, tetapi banyak juga orang yang justru membiarkannya kosong begitu saja, alasannya karena sulit dibersihkan.

Anda tentu saja dapat mencoba dan memanfaatkannya sebagai ruang bermain tersembunyi anak Anda di rumah.

2. Mulailah renovasi dan ciptakan ruang layak huni

Biasanya, tempat yang Anda temukan untuk ruang rahasia anak-anak tidak akan benar-benar ramah anak pada awalnya.

Area tersembunyi ini kemungkinan tidak terdapat cahaya alami untuk beberapa waktu dan mungkin tidak dibangun dengan mempertimbangkan tempat tinggal.

Anda mungkin perlu sedikit merenovasinya dan membuatnya menjadi ruang yang layak untuk ditempati.

3. Keselamatan jadi prioritas utama

Penting diketahui bahwa keselamatan harus menjadi prioritas utama dalam membuat ruang tersembunyi anak.

Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, dapat menggunakan jasa profesional konstruksi untuk mengerjakannya dan jelaskan untuk apa ruang itu digunakan.

Namun jika Anda bisa melakukannya sendiri, pastikan semua berjalan dengan baik-baik saja termasuk aspek struktural ruangannya, terutama jika harus menambahkan lantai di dalamnya.

Pastikan juga bahwa tidak da sudut tajam atau paku yang mencuat ke luar sehingga dapat berbahaya bagi anak Anda.

4. Mendekorasi ruang rahasia

Mulailah dekorasi ruang tersembunyi anak dengan beragam gaya dan tema. Anak-anak tentu suka desain yang ramai dan dipenuhi dengan warna-warni dan pernak pernik.

Anda juga dapat memasukkan beragam furnitur dan barang-barang yang menarik, aman dan nyaman digunakan. Misalnya karpet, bantal, kelambu, bangu, meja kecil dan barang lainnya.

Bahkan jika terdapat sudut atau bagian ruangan yang tajam, karpet ini dapat menutupi sudut bahaya itu dan melindungi anak Anda dari cidera saat bermain.

5. Pasang beberapa pencahayaan di ruangan

Sebagian besar ruangan rahasia tidak akan mendapatkan banyak cahaya alami, jadi pastikan untuk memasang beberapa pencahayaan di dalamnya.

Anda dapat menggunakan lampu malam bertenaga baterai sederhana atau lampu tali, atau memasang lampu yang sesuai.

Tergantung pada berapa banyak waktu akan dihabiskan anak-anak Anda di kamar tersembunyi mereka.

Seperti biasa, pekerjakan seorang profesional untuk melakukan pekerjaan listrik yang rumit.

Lampu sorot bekerja lebih baik daripada lampu tradisional, dan lampu tradisional juga cukup berisiko dan bahaya bagi anak Anda.

6. Merahasiakan ruangan

Bagian terpenting dari membangun ruang rahasia untuk anak-anak Anda adalah memastikan bahwa ruangan itu terlihat rahasia.

Anda dapat menyembunyikan pintu masuk dengan pintu yang disamarkan sebagai apa saja mulai dari cermin atau lemari, hingga rak buku atau panel kayu sederhana.

Jika tidak, Anda dapat memasukkan pintu standar ukuran anak-anak, dan menyembunyikannya di belakang atau di dalam barang dan furnitur lain, seperti tempat tidur atau lemari.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda perlu memastikan bahwa pintu tidak dapat dikunci, atau terhalang dari kedua arah, dan praktik terbaik adalah memastikan bahwa pintu terbuka ke luar.

Sementara anak-anak yang lebih besar, Anda mungkin dapat memberi mereka kunci untuk memberi mereka lebih banyak privasi dan pastikan bahwa Anda memiliki duplikatnya.

https://properti.kompas.com/read/2021/06/11/133508621/6-cara-bangun-tempat-rahasia-untuk-anak-anda

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.