Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menurut Sandi, Ruang Kantor Fleksibel Sangat Dibutuhkan Start-up

"Dengan jasa kantor bersama, para pengusaha dapat terus mengembangkan bisnisnya lebih efisien," imbuh Sandi dikutip dari siaran pers, Senin (10/05/2021).

Sandi mengungkapkan, infrastruktur ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain menjadi hal teramat penting.

Oleh karena itu, Pemerintah terus mendukung pengembangan perusahaan digital di Indonesia, tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator.

Sebagai salah satu sektor yang kuat dalam menghadapi krisis, Pemerintah berharap ekonomi digital dapat terus bertumbuh.

Menurut dia, Pemerintah terus berkomitmen dan mendukung perkembangan perusahaan rintisan dengan cara mendorong kewirausahaan digital. 

Sehingga, pemanfaatan co-working space menjadi konsep yang sudah lama ada, kemudian diformalkan.

Sandi mengatakan, konsep berbagi ruang kerja yang fleksibel itu merupakan budaya bangsa Indonesia yaitu yaitu gotong royong.

"Kita harus jeli, tingkat variasi pengguna membuka akses networking (jaringan) dan peluang untuk kolaborasi," tambah Sandi.

Sebetulnya, konsep kantor virtual dan cloud computing juga menjadi solusi yang efisien dan efektif bagi bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Maka dari itu, Kemenparekraf selama beberapa tahun belakangan berfokus meningkatkan peran perusahaan rintisan digital dalam mengembangkan potensi masyarakat.

Dia berharap, hal ini dapat berperan dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada.

Hal ini tentu dapat mendorong ekosistem perusahaan rintisan digital Indonesia untuk merealisasikan optimisme ekonomi nasional 2021.

https://properti.kompas.com/read/2021/05/10/220000621/menurut-sandi-ruang-kantor-fleksibel-sangat-dibutuhkan-start-up

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke