Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Rumah di Depok Terpantau Naik, Ini Lima Pilihannya

Sebelum itu, kota seluas 200,3 kilometer persegi ini juga selalu masuk dalam radar warganet dan menjadi sorotan media dalam kurun dua dekade terakhir.

Ini tak lain karena sejumlah peristiwa fenomenal, untuk tidak dikatakan tidak biasa, mulai dari kebijakan pemerintahan kotanya, hingga perilaku sebagian kecil warganya.

Sebut saja pemutaran lagu di lampu merah, keharusan makan dengan tangan kanan, makan nasi jagung sehari dalam seminggu, kepercayaan akan munculnya Imam Mahdi, dan peristiwa-peristiwa klenik lainnya.

Kendati demikian, "sketsa" yang mewarnai perjalanan panjang kota itu tak menyurutkan minat masyarakat untuk berburu hunian dan memilih tinggal di Depok.

Hal ini terbukti dari survei Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Kuartal I-2021, yang menunjukkan bahwa Depok merupakan kawasan yang diincar banyak pencari rumah.

Selama pandemi Covid-19 juga Depok dinilai sebagai salah satu kota paling resisten terhadap dampak low-season.

Indeks pencarian rumah di kota ini berada pada level 208,9 dari Kuartal IV-2020 yang bertengger di angka 256,4.

Sementara indeks harga properti di Depok mengalami kenaikan tajam 7,5 persen dan berada di level 138,2 poin dari 128,9 poin.

Pertumbuhan yang cukup signifikan ini terutama disebabkan oleh naiknya harga apartemen dan rumah tapak. 

Depok tetap menjadi incaran para pencari rumah karena lokasinya cukup strategis, dekat dengan ibu kota Jakarta dan dapat diakses oleh melalui jalan tol, commuter line, jalan nasional, hingga jalan kolektor.

Berikut ini Kompas.com rekomendasikan lima perumahan untuk Anda dengan rentang harga sangat lebar mulai dari Rp 180 jutaan hingga hampir Rp 1 miliar:

1. D'Palm Residence

Anak usaha Diamond Land, PT Diamondland Citra Propertindo Tbk, meluncurkan klaster baru di Perumahan D'Palm Residence.

Klaster tersebut diberi nama "Elis" dengan luas bangunan 26 meter persegi dan luas tanah bervariasi. Harga yang dipatok pengembang untuk tipe ini sebesar Rp 180 jutaan.

Perumahan D'Palm Residence berada di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, dekat dengan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dan Stasiun Depok.

Klaster ini dilengkapi sistem 1 gerbang (one gate system) dan CCTV 24 jam.

2. H City Sawangan

PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya, PT HK Realtindo (HKR) menawarkan rumah di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, bertajuk H City Sawangan.

H City Sawangan terletak di antara wilayah Sawangan, Parung, Bogor, dan Jalan Tol Depok Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan yang menjadi penghubung kawasan metropolitan di Jabodetabek.

Rumah yang ditawarkan HKR tersedia dalam tiga pilihan yaitu H City Sawangan tipe 45/81, 51/105, dan 72/120.

Untuk tipe 45/81, HKR menawarkan harga sebesar Rp 550 juta, Rp 750 juta untuk tipe 51/105, serta Rp 900 juta untuk tipe 72/105.

3. Grand Dahlia

Primevestland Group menawarkan rumah di bawah Rp 1 miliar di Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

Perumahan ini menawarkan tiga tipe yaitu Tipe 45 (45/73), Tipe 36 (36/78), serta Tipe 69 (69/78) mulai dari Rp 660 jutaan.

Grand Dahlia dapat ditempuh menggunakan Stasiun Depok selama 5 menit dan 15 menit ke pintu Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Tak hanya itu, ada berbagai fasilitas lainnya yang tersedia di sekitar perumahan ini seperti Rumah Sakit (RS) Citra Medika, RS Bunda Margonda, RS Hermina Depok, dan lain-lain.

4. Permata Cimanggis

PT Puninar Texton Asia melalui Permata Cimanggis mengembangkan klaster Kristal di Kecamatan Tapos, Kota Depok.

Klaster ini menyediakan lima tipe yaitu 36/72, 45/84, 45/90, 68/90, serta 80/105.

Namun, khusus tipe 36/72, harga yang ditawarkan oleh pengembang mulai dari Rp 660 jutaan.

Lokasi klaster yang berada di Permata Cimanggis ini dekat dengan beragam fasilitas seperti Univesitas Indonesia (UI), Pasar Cibinong, serta Gerbang Tol (GT) Ciamanggis di Tol Cimanggis-Cibitung.

5. Green Victoria

Ciputra Group melalui CitraLake Sawangan mengembangkan perumahan di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, yaitu Green Victoria.

Green Victoria menawarkan satu tipe yaitu New Grandis dengan luas tanah 100 meter persegi dan luas bangunan 53 meter persegi seharga Rp 900 juta (all-in).

Karena berlokasi di CitraLake Sawangan, perumahan ini dilengkapi dengan fasilitas komersial dan EcoPark berupa ruang terbuka hijau (RTH) seluas 4.000 meter persegi.

RTH ini digunakan sebagai tempat rekreasi dan olahraga keluarga yang dilengkapi dengan jalur jogging track yang mengelilingi EcoPark.

https://properti.kompas.com/read/2021/04/30/125010921/harga-rumah-di-depok-terpantau-naik-ini-lima-pilihannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke