Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warga Bisa Ekspor Langsung Melalui Terminal Multipurpose Labuan Bajo

Menurutnya, masyarakat Labuan Bajo bisa langsung mengekspor potensi sumberdaya yang ada karena pelabuhan ini sudah memenuhi syarat untuk disinggahi oleh kapal-kapal besar dan parkir di sini.

"Untuk langsung ekspor keluar negeri terhadap sumber daya dan potensi yang ada di daerah ini baik dari Kupang maupun Labuan Bajo tidak lagi harus ke Surabaya dulu," ucap Viktor saat berkunjung ke Labuan Bajo, Kamis (23/4/2021).

Terminal multipurpose tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan Juni 2021 mendatang.

Hal ini menyusul peletakan batu pertama pembangunannya juga dilakukan oleh presiden.

"Dulunya lokasi ini yang bisa dilihat hanya laut, namun sekarang sudah menjadi terminal multipurpose," ujar Viktor.

Viktor berterima kasih kepada Presiden, Menteri Perhubungan dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, atas terlaksananya pembanguan terminal ini.

Juga untuk Bupati dan wakil Bupati Manggarai Barat serta seluruh masyarakat yang terus menerus memantau proyek pembangunan pelabuhan ini sehingga bisa diselesaikan.

Viktor menuturkan, berdasarkan informasi dari Pelindo, batas terendah dari pelabuhan adalah kedalaman 16 meter dan akan sampai pada garis tanda dengan kedalaman 20 meter.

Dia optimistis keberadaan terminal ini akan memberikan peluang dan potensi manfaat bagi NTT, khususnya masyarakat Labuan Bajo dan Pulau Flores pada umumnya.

Viktor mengatakan, kecukupan sumber daya dan potensi yang ada bisa dikelola dengan baik, meski NTT saat ini lagi berduka.

Di tengah duka karena bencana di provinsi ini, tapi kita harus bersyukur, pembangunan di NTT terus bergerak maju.

"Karena ini menjadi prasyarat untuk segala potensi yang dimiliki bisa menuju pada provinsi yang berkembang dan maju," kata Viktor.

Dia berharap seluruh pihak baik bupati dan stakeholder untuk bekerja secara terpadu, rajin di lapangan, bekerja secara terus menerus sehingga upaya untuk mewujudkan cita-cita untuk NTT bangkit dan sejahtera bisa tercapai.

https://properti.kompas.com/read/2021/04/23/113000021/warga-bisa-ekspor-langsung-melalui-terminal-multipurpose-labuan-bajo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke