Salin Artikel

Rayakan Lebaran di Rumah Baru, Ini Rekomendasi Hunian Rp 300 Jutaan

Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan semangat para pengembang untuk terus memenuhi kebutuhan pasar, terutama konsumen yang belum memiliki rumah.

Terlebih, Pemerintah telah menggulirkan sejumlah relaksasi dan stimulus di sisi pembiayaan demi mendukung permintaan konsumen.

Sebut saja, relaksasi loan to value/financing to value (LTV/FTV) maksimal 100 persen yang memungkinkan konsumen dibebaskan dari kewajiban membayar down payment (DP) atau uang muka.

Kemudian, suku bunga acuan terendah sebesar 3,5 persen yang berpengaruh pada suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Sementara yang paling anyar adalah insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk rumah siap huni dengan harga maksimal Rp 5 miliar.

Nah, apakah saat ini Anda sedang mencari rumah namun punya dana sangat terbatas?

Berhubung sebentar lagi Lebaran 2021, Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk mencari rumah dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 300 juta.

Seperti apa penawarannya?

Berikut ini Kompas.com rekomendasikan beberapa pilihan untuk Anda:

1. Grand Kedamean Regency

Pemerintah telah mengoperasikan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) beberapa waktu lalu.

Kehadiran jalan bebas hambatan berbayar ini ditangkap sebagai peluang bagi Berkat Jaya Development untuk mengembangkan rumah subsidi.

Mereka mengembangkan perumahan Grand Kedamean Regency yang berjarak 2,5 kilometer dari tol tersebut.

Grand Kedamean Regency menempati area seluas 15 hektar yang terbagi dalam beberapa tipe subsidi, mulai tipe 29/60, 30/66, dan 36/72 dengan patokan harga terendah Rp 130 jutaan.

Sementara rumah komersial non-subsidi hanya satu tipe yakni ukuran 45/84 meter yang dibanderol Rp 190 juta.

2. Studio Landed House

PT Modernland Realty Tbk telah merilis rumah tapak tipe studio di kawasan Modernland Cilejit, Tangerang, Banten.

Dengan patokan harga mulai Rp 150 jutaan, perusahaan ini akan membangun 100 unit rumah Studio Landed House yang khusus ditujukan untuk milenial.

Rumah tipe studio yang ditawarkan berukuran 13/60 meter persegi.

3. D'Palm Residence

Anak usaha Diamond Land, PT Diamondland Citra Propertindo Tbk, meluncurkan klaaster baru di Perumahan D'Palm Residence.

Klaster tersebut diberi nama "Elis" dengan luas bangunan 26 meter persegi dan luas tanah bervariasi. Harga yang dipatok pengembang untuk tipe ini sebesar Rp 180 jutaan.

Perumahan D'Palm Residence dekat dengan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dan Stasiun Depok. Klaster ini dilengkapi sistem 1 gerbang (one gate system) dan CCTV 24 jam.

4. Neo Casa

Emerald Land Development menawarkan Neo Casa sebanyak 146 unit rumah di kawasan terintegrasi Emerald Neopolis.

Pengembang mematok harga hunian di perumahan ini mulai dari Rp 290 jutaan per unit untuk ukuran 22/45 meter persegi.

Meski ukuran rumah yang ditawarkan hanya satu, namun dari sisi desain terdapat tiga pilihan berbeda, yakni Living, Suite, dan Soho.

Ketiga tipe rumah ini didesain layaknya unit apartemen yang mengoptimalkan fungsi setiap ruangan seperti ketersediaan mezzanine untuk tempat tidur.

5. Green Golf City Tangerang

PT Graha Berkat Unggul mengembangkan salah satu klaster di kawasan Green Golf City Tangerang dengan harga di bawah Rp 200 juta yakni, Tipe Akasia.

Tipe ini memiliki luas tanah 60 meter persegi dan luas bangunan 23 meter persegi yang dipatok harga sebesar Rp 175 juta.

Kawasan Green Golf City Tangerang sendiri memiliki beragam macam fasilitas seperti kesehatan, taman pusat, golf private area, kolam renang, arena olahraga, dan 24 jam keamanan. 

Kawasan tersebut dapat diakses dengan Jalan Tol Serpong-Balaraja-Bandara, Tol Tangerang-Merang (GT Cikupa), dan dekat Stasiun Daru.

6. Mutiara Puri Harmoni 2

Vista Land Group membangun Mutiara Puri Harmoni 2 di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Pengembang ini menawarkan rumah tipe 26/60 meter persegi yang bisa diakses konsumen tanpa DP dan angsuran Rp 1,2 juta per bulan.

Sementara bagi konsumen UMKM yang ingin membuka usaha di Mutiara Puri Harmoni bisa mengakses rumah kios (ruki).

Terdapat tipe 28/40 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan dan potensi captive market 1.500 Kartu Keluarga (KK) serta karyawan yang bekerja di kawasan-kawasan industri sekitarnya.

7. Citra Indah Cibubur

Anak usaha Ciputra Group, PT Ciputra Indah, menawarkan hunian dengan harga di bawah Rp 200 juta melalui klaster Bukit Melia 1.

Klaster tersebut ditawarkan dalam tiga pilihan tipe yaitu Tipe Melia 1 B (22/90), Melia 2A (30/90), dan Melia 3 BLV (36/90).

Khusus Melia 1B, harga yang dipatok pengembang senilai Rp 174 jutaan dan dilengkapi dengan akses transportasi Feeder Busway Citra Indah. 

Selain itu, kawasan ini juga dapat dijangkau dengan akses Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (Cimanggis-Cibitung) dan LRT di Cibubur.

8. Gardenia Cileungsi

Winland Development mengembang proyek perumahan seluas 4,6 hektar bertajuk Gardenia Cileungsi di Dayeuh, Klapanunggal, Cileungsi, Bogor.

Gardenia Cileungsi merupakan perumahan subsidi, namun Winland melengkapinya dengan berbagai fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang menunjang kebutuhan penghuninya.

Perumahan ini mencakup tiga tipe, yaitu tipe bangunan 30x60 meter persegi, 30x72 meter persegi, dan 36x72 meter persegi, dengan harga jual mulai dari Rp 168 juta hingga Rp 250 jutaan per unit.

Untuk memudahkan kepemilikan hunian, Winland Development menawarkan berbagai skema transaksi antara lain Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi, KPR Komersial serta Tunai Bertahap yang dapat dicicil selama dua tahun.

8. Kota Podomoro Tenjo

Agung Podomoro Group (APG) baru saja merilis produk baru dengan konsep kota mandiri seluas 650 hektar.

Kota Mandiri ini berlokasi di perbatasan tiga wilayah yakni Bogor, Depok, dan Tangerang. APG menghadirkan landed house (rumah tapak) tahap pertama berupa dua klaster yakni, Kalamenta dan Angsana.

Khusus klaster Angsana, harga yang dibanderol mulai dari Rp 180 hingga Rp 270 jutaan.

Terdapat dua tipe yaitu tipe 27/60 dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp 180 juta-Rp 220 juta dan tipe 36/72 dengan harga Rp 220 juta-Rp 270 jutaan.

Kedua tipe ini masing-masing dirancang dalam dua kamar tidur seluas 6x10 dan 6x12 meter.

Kota Podomoro Tenjo berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang memadukan kawasan hunian dengan transportasi masal seperti KRL, dan kelak LRT serta MRT.

Untuk saat ini, Kota Podomoro Tenjo terintegrasi dengan KRL Serpong dan nantinya dekat dengan akses Tol Balaraja-Serpong.

9. Mustika Village Sukamulya

PT Mustika Land memasarkan dua klaster di lokasi Perumahan Mustika Village Sukamulya seharga di bawah Rp 300 juta.

Pengembang menawarkan 3.300 unit rumah berbagai tipe, yakni tipe 27/60 (Magnolia) dengan harga Rp 150 jutaan dan 30/60 (Marigold) mulai dari Rp 190 jutaan.

Perumahan tersebut dilengkapi dengan area komersial berupa ruko untuk mendukung aktivitas warga perumahan.

Selain itu, Mustika Village Sukamulya juga dilengkapi ROW jalan luas lingkungan sebagian besar 7 meter dan membangun Water Treatment Plant (WTP).

10. Benoa

Ciputra Group melalui PT Ciputra Residence, menawarkan klaster Benoa di kawasan CitraMaja Raya.

Klaster tersebut dirancang dalam 4 tipe yakni, Tipe Rusellia C (22/60) Tipe Nigella D (30/72), Tipe Magnolia D (36/72), serta Tipe Magnolia E (36/90).

Tipe Rusellia C dipatok seharga Rp 188 juta, Tipe Nigella D senilai Rp 246 juta, Tipe Magnolia D seharga Rp 266 juta, dan Tipe Magnolia E seharga Rp 299 juta.

Harga ini sudah termasuk PPN, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Akta Jual Beli (AJB).

https://properti.kompas.com/read/2021/04/07/070000621/rayakan-lebaran-di-rumah-baru-ini-rekomendasi-hunian-rp-300-jutaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.