Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Panjang, Bikin Dapur Outdoor Buat "Barbeque"-an

Namun, banyak yang bingung tentang aktivitas apa yang kira-kira dapat membuat keluarga dan teman-teman merasa nyaman, betah dan senang menghabiskan waktu di rumah Anda.

Kegiatan seperti menonton film, pesta, main game nampaknya sudah sangat mainstream dilakukan banyak orang dan cenderung membosankan.

Karenanya, salah satu kegiatan yang perlu Anda coba adalah barbeque atau memasak berbagai macam menu makanan bareng bersama mereka.

Untuk melakukan itu, tentu saja terdapat sejumlah hal yang perlu Anda siapkan, salah satunya Anda harus membuat dapur di luar ruangan rumah Anda.

Dapur luar ruang atau outdoor dan area hiburan dapat dengan mudah mengubah taman  menjadi ruang fungsional, serta menggabungkan memasak dan bersosialisasi dengan teman Anda.

Berikut adalah cara membuat dan menyiapkan dapur luar ruang:

1. Pilih Tempat yang Tepat

Idealnya, dapur luar ruang dan area hiburan tidak boleh terlalu jauh dari rumah, sehingga Anda dapat memiliki akses listrik dan air.

Ini juga akan memudahkan untuk menjangkau barang-barang yang Anda butuhkan di rumah. Selain itu, juga memudahkan keluarga dan teman untuk mengakses kamar mandi.

Jika taman di rumah Anda sudah memiliki fasilitas seperti kolam renang atau area bermain anak-anak, membuat dapur luar ruang di dekatnya adalah pilihan yang tepat.

Halaman belakang rumah yang besar dapat menampung banyak meja, peralatan, lemari, lemari es, dan ruang makan yang dapat membuat restoran menjadi malu.

Namun jika memiliki taman yang berukuran kecil, Anda dapat membuat dapur luar ruang ini dengan konsep melingkar.

Anda dapat meletakkan sejumlah alat-alat memasak seperti kompor, dan peralatan masak lainnya, termasuk bumbu-bumbu itu secara melingkar.

2. Tentukan Area Dapur 

Dapur luar ruan harus dirancang dengan aliran dan fungsi yang sama seperti dapur dalam ruang.

Untuk menghindari bolak-balik yang tidak perlu, maka tentukan area dapur luar ruang secara tepat, dan atur peralatan sesuai kebutuhan.

3. Area Memasak

Setelah dapur selesai dibangun, selanjutnya tempatkan area memasak di tengah, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses barang dan bahan makanan yang ada di kanan dan kiri.

Di area memasak inilah, Anda perlu mempersiapkan dan menempatkan sejumlah peralatan masak utama misalnya seperti penggorengan, spatula, alat panggang, sarung tangan dan yang lainnya.

4. Ruang Piring

Idealnya, ini harus ditempatkan dekat dengan area memasak, sehingga Anda dan tamu dapat memiliki akses mudah ke makanan setelah selesai dimasak.

Gunakan ruang ini untuk menyimpan piring dan peralatan makan, dan jika memungkinkan, meja khusus untuk membuang makanan, lengkap dengan baki tempat menyimpan makanan, atau laci penghangat.

5. Lounge dan Zona Hiburan

Meskipun area memasak dapat menjadi focal point, terutama saat tamu lapar, area hiburan luar ruang harus memiliki tempat terpisah untuk makan dan bersantai.

Selain meja dan kursi, Anda dapat menyertakan sistem bioskop luar ruangan, minibar, area bersantai dengan kursi malas, dan bahkan lubang api.

Tentu semua ini sepenuhnya bergantung pada biaya yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat menyiapkan yang lainnya sesuai dengan imajinasi dan keinginan.

6. Memilih Peralatan yang Tepat

Daya tarik dapur luar ruang bukan hanya fakta bahwa Anda bisa memasak di luar, melainkan fakta bahwa Anda bisa memasak hidangan yang tidak cocok untuk memasak di dalam ruang.

Jadi saat memilih peralatan memasak, Anda perlu memikirkan peralatan masak apa yang sesuai dan unik digunakan pada saat memasak di luar ruangan.

Misalnya alat panggang baja tahan karat atau alat pemanggang oven dan juga alat masak kayu bakar.

7. Menemukan Furnitur Fantastis

Jika berbicara tentang furnitur, semuanya tergantung pada Anda dan kepribadian tamu.

Apakah Anda tipe orang yang tetap simpel dengan beberapa bean bag dan selimut piknik, atau ingin membuat banyak hal menjadi mewah.

Namun, apapun yang Anda inginkan, ingatlah bahwa fungsionalitas dan daya tahan adalah fitur utama untuk furnitur luar ruang.

8. Lindungi Dapur Luar Ruang dan Area Hiburan dari Hujan dan Panas

Terakhir, yang sering dilupakan adalah bagaimana Anda melindungi dapur dan area hiburan di luar ruang dapat terhindar dari hujan dan panas.

Anda perlu memikirkannya, karena hujan dan panas dapat membawa dampak negatif dan juga risiko rusaknya dapur dan barang-barang.

Cara sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan sebuah pergola atau kanopi yang bisa dibuka yang akan membuat semua terlindung dari hujan dan matahari.

Ukurannya dapat diesuaikan dengan kebutuhan.

https://properti.kompas.com/read/2021/04/04/124509121/libur-panjang-bikin-dapur-outdoor-buat-barbeque-an

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke