Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Rumah Murah Buat Milenial, Lokasi Jabodetabek

Jika termasuk milenial namun penghasilan masih kurang dari Rp 10 juta per bulan, Anda tak perlu khawatir, karena ada beragam penawaran dari pengembang perumahan untuk generasi milenial dengan kemampuan finansial terbatas.

Terlebih mulai 1 Maret hingga Agustus 2021, Pemerintah telah memberikan insentif berupa bebas PPN untuk pembelian rumah ready stock dengan harga paling tinggi Rp 2 miliar, DP 0 Persen, dan dukungan perbankan yang memangkas bunga KPR.

Berikut pilihan rumah murah untuk Anda, dengan lokasi di kawasan Jabodetabek yang bisa dipertimbangkan:

1. Mustika Village

Lokasi perumahan ini di Sukamulya, Cikarang, Bekasi. Dikembangkan oleh Mustika Land Group melalui anak usaha PT Eka Surya MUstika.

Di Mustika Village Sukamulya, milenial bisa membeli rumah seharga Rp 168 juta untuk tipe 27/60 dengan penghasilan hanya Rp 5 jutaan dan cicilan KPR mulai Rp 1 jutaan per bulannya.

Tersedia juga tipe 30/60 yang dipatok mulai dari Rp 190 jutaan dan Ginza Premium dengan luas sampai 38 meter persegi yang dilengkapi skylight, dibanderol Rp 210 juta.

Tipe Ginza Premium berisi dua kamar tidur yang bisa dibeli dengan booking fee Rp 1 juta, DP total Rp 2 juta, bisa langsung akad KPR dan memiliki rumah.

2. KAI Living Kluster Batavia

Ya, dari namanya saja kentara sebagai proyek yang dikembangkan oleh PT KAI Properti. Menggandeng PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui anak perusahaannya PT Fajarputera Dinasti (Metland Cibitung) mereka membangun KAI Living Kluster Batavia di Metland Cibitung.

Kluster Batavia mencakup 120 unit yang terbagi dalam tiga tipe, yaitu tipe Parahyangan dengan luas tanah 72 meter persegi, dan luas bangunan 37 meter persegi.

Kemudian, tipe Taksaka dengan luas tanah 60 meter persegi, luas bangunan 32 meter persegi dan tipe Anggrek luas tanah 50 meter persegi, luas bangunan 22 meter persegi.

Harga yang ditawarkan merupakan harga khusus, mulai dari Rp 300 jutaan sampai dengan Rp 400 jutaan.

Kluster Batavia berada dalam kawasan Metland Cibitung yang merupakan perumahan berbasis Transit Oriented Development (TOD) dan terintegrasi dengan Stasiun KRL Commuter Line Metland Telaga Murni.

Perumahan ini dilengkapi juga dengan fasilitas kawasan seperti sekolah, waterland, rumah sakit hingga komersial area seperti pusat perberbelanjaan, apartemen, hotel dan perkantoran.

3. Neo Casa

Emerald Land Development menawarkan Neo Casa sebanyak 146 unit rumah di kawasan terintegrasi Emerald Neopolis.

Pengembang mematok harga hunian di perumahan ini mulai dari Rp 290 jutaan per unit untuk ukuran 22/45 meter persegi.

Meski ukuran rumah yang ditawarkan hanya satu, namun dari sisi desain terdapat tiga pilihan berbeda, yakni Living, Suite, dan Soho.

Ketiga tipe rumah ini didesain layaknya unit apartemen yang mengoptimalkan fungsi setiap ruangan, antara lain ketersediaan mezzanine untuk tempat tidur.

Neo Casa dapat diakses dengan uang muka atau down payment (DP) hanya lima persen untuk calon pembeli yang memanfaatkan fasilitas KPR.

DP ini bisa dicicl enam kali tanpa bunga. Selain itu, transaksi yang dilakukan hingga Desember 2020 akan dibebaskan dari biaya BPHTB dan AJB.

4. Mutiara Puri Harmoni 2

Vista Land Group membangun Mutiara Puri Harmoni 2 di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Pengembang ini menawarkan rumah tipe 26/60 meter persegi yang bisa diakses konsumen tanpa DP, bunga KPR 5 persen tetap, dan angsuran Rp 1,2 juta per bulan.

Sementara bagi konsumen UMKM yang ingin membuka usaha di Mutiara Puri Harmoni bisa mengakses rumah kios (ruki).

Terdapat tipe 28/40 meter persegi dengan harga Rp 200 jutaan dan potensi captive market 1.500 KK serta karyawan yang bekerja di kawasan-kawasan industri sekitarnya.

5. Studio Landed House

PT Modernland Realty Tbk merilis rumah tapak tipe studio di Modernland Cilejit, Tangerang, Banten.

Dengan patokan harga mulai Rp 150 jutaan, perusahaan ini akan membangun 100 unit rumah Studio Landed House yang khusus ditujukan untuk milenial.

Rumah tipe studio yang ditawarkan berukuran 13/60 meter persegi. Selain tipe studio, Modernland juga menyediakan rumah tumbuh ukuran 23/60 meter persegi dan 28/60 meter persegi.

 

https://properti.kompas.com/read/2021/03/07/130000421/pilihan-rumah-murah-buat-milenial-lokasi-jabodetabek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke