Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menara Eiffel di Kampung Sarosah, Sampah Visual Perenggut Keindahan Alam

Inilah fenomena terkini yang memenuhi ruang-ruang publik kita. Ikon-ikon wisata dunia dibangun dan dipaksa menjadi ikon domestik dengan tujuan untuk menarik minat wisatawan.

Alhasil, kota dan kabupaten yang terobsesi menjadi popular itu hilang daya tarik inherennya. Tak lagi ada ciri khas, tradisi, dan akar budaya yang menawarkan keragaman.

Yang ada hanya duplikasi, imitasi, dan jalan pintas yang minim kreativitas dan kemalasan pemerintahan daerah (pemda).

Termasuk yang terjadi di Kampung Sarosah yang berlokasi di Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

Kampung ini beken dan viral di media sosial, karena menawarkan obyek wisata Eropa macam kincir angin yang dibangun tepat di belakang dua bukit Lembah Harau.

Kepada Kompas.com, Urbanis sekaligus Anggota Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta Bambang Eryudhawan menyayangkan fenomena ini.

Dia menyebut bangunan wisata Eropa itu sebagai sampah visual yang menganggu masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam sekitar.

"Masalahnya orang yang mencintai panorama alam yang indah sekarang terusik dong dengan kehadiran bangunan itu. Itu sampah visual," kata Bambang, Kamis (17/12/2020).

Meski demikian, Yudha (sapaan akrabnya), tidak melarang pemerintah membangun struktur gaya Eropa, namun harus dipertimbangkan secara matang keserasiannya dengan kondisi alamiah sekitar.

"Saya justru mempertanyakan, pemda itu ke mana, bagaimana proses perizinan dan pertimbangan sampai dibuat bangunan seperti ini," tegas Yudha.

Dia menuturkan, untuk Kampung Sarosah yang mengandalkan wisata alamiah tidak cocok dibangun ikon-ikon replika dunia.

Alih-alih memperindah panorama, sebaliknya justru kelewat batas. Bangunan-bangunan replika tersebut merenggut keindahan alam Lembah Harau.

"Silakan berekreasi, tapi ya nggak seperti itu. Karena ini sudah crossing borders, kelewat batas," kata Yudha.

Tempat wisata di Kampung Sarosah, dibuka sejak Senin (15/6/2020). Kampung ini menawarkan banyak obyek wisata kekinian yang sengaja dibuat instagramable.

Salah satunya adalah Kampung Eropa yang dihiasi replika Menara Eiffel dan bangunan warna-warni yang mengelilinginya.

Pengelola kampung wisata ini memberlakukan jam operasional pukul 09.00–17.00 WIB pada hari biasa dan mulai pukul 08.00–17.00 WIB pada akhir pekan.

Harga tiketnya Rp 20.000 per orang untuk masuk ke satu kawasan. Pengelola juga menyediakan tiket terusan seharga Rp 30.000 untuk berkunjung ke area Eropa dan Asian Heritage sekaligus.

Jika ingin menaiki sampan maka pengunjung harus membayar sebesar Rp 20.000 untuk menyewanya.

Sementara sepeda gantung, harganya berada di kisaran Rp 25.000 dan sepeda air dengan harga tiketnya Rp 30.000.

https://properti.kompas.com/read/2020/12/20/093237121/menara-eiffel-di-kampung-sarosah-sampah-visual-perenggut-keindahan-alam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke