Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Bakal Terapkan Smart Water Management di Kota Metropolitan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, air merupakan isu yang sangat penting.

"Saat ini, sumber air terus menipis karena pertumbuhan populasi dan urbanisasi, permintaan standar hidup terus meningkat, persaingan penggunaan air, konversi lahan dan pencemaran lingkungan. Beberapa permasalahan ini diperparah dengan adanya Pandemi Covid-19 yang belum usai,” terang Basuki dalam siaran pers, Kamis (17/12/2020).

Basuki mengungkapkan, ketersediaan air Indonesia terlihat sangai baik, namun jika dilihat lebih detail secara kewilayahan tidak merata. 

Sebagai contoh, jika dilihat dari luasan pulaunya, Pulau Jawa memiliki ketersediaan air yang cukup.

Namun, Pulau Jawa menanggung beban lebih dari setengah penduduk Indonesia.

Selain pemerataan air, terdapat isu penurunan kualitas air akibat limbah domestik dan industri yang merupakan masalah sangat serius.

Dia menjelaskan, penerapan SWM ini mencakup empat hal. Pertama, pengelolaan air perkotaan terpadu.

Kemudian, penyediaan air baku menggunakan bendungan sebagai sumber air permukaan dan penggunaan struktur termasuk dalam kriteria Low Impact Development (LID) seperti konsep Stormwater Management Model (SWMM) agar air hujan dapat disimpan sebagai air tanah.

Lalu, integrasi pengelolaan banjir pada penyediaan air baku dengan memanfaatkan kolam retensi dan danau serta mengaplikasikan Smart Nexus System untuk pemantauan dan distribusi air.

Adapun Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asia International Water Week (AIWW) ke-2 yang akan berlangsung pada November 2021 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

AIWW merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam memecahkan masalah keairan di Asia.

Awalnya, AIWW ke-2 rencananya akan berlangsung pada Oktober 2020. Namun, harus ditunda hingga November 2021 karena Pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, AIWW pertama telah diselenggarakan pada tahun 2017 silam di Gyeongju, Korea Selatan.

https://properti.kompas.com/read/2020/12/17/153729121/indonesia-bakal-terapkan-smart-water-management-di-kota-metropolitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke