Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KALEIDOSKOP 2020: Deretan Rumah Kelas Menengah di Bawah Rp 1 Miliar

Hal ini menunjukkan optimisme para pengembang untuk meraup penjualan lebih besar serta mencapai target yang telah ditetapkan meski di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Lantas, apa saja perumahan kelas menengah yang diluncurkan oleh pengembang sepanjang tahun ini?

Berikut ini Kompas.com sajikan daftarnya untuk Anda:

1. DUO

PT Intiland Development Tbk merilis klaster baru bertajuk DUO di kawasan Talaga Bestari, Tangerang, Banten.

Klaster ini menempati area seluas 6,2 hektar dari total luas pengembangan Talaga Bestari 80 hektar.

Perseroan akan membangun 464 unit dengan varian tipe tiga kamar tidur dan empat kamar tidur dengan dimensi 65/50, 74/50, dan 89/55 meter persegi dengan harga Rp 700 jutaan.

Tipe rumah di klaster DUO dirancang dengan keuntungan ganda, seperti dua fasad (tampak rumah), dua parkiran, dua taman, serta berbagai keunggulan ganda lainnya.

2. Waterfront Estate

PT Lippo Cikarang Tbk menghadirkan klaster Waterfront Estate di Cikarang, Jawa Barat.

Klaster tersebut dirancang dengan konsep modern-minimalis, ramah lingkungan, serta terjangkau untuk masyarakat.

Waterfront Estate dibangun seluas 71 hektar yang merupakan hasil kolaborasi antara arsitek dan desainer interior Alex Bayu dan Hardscape & Softscape Designer Karl Princic.

Lippo Cikarang menyajikan dua tipe rumah yakni, tipe 35 dan 77 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 500 jutaan.

Lokasi klaster ini dapat diakses melalui dua pintu tol yakni, Gerbang Tol (GT) Cibatu KM 34+700 dan Tol Cikarang Barat KM 31 di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

3. Primrose dan Areca

Ciputra Group melalui CitraLand Cirebon merilis dua tipe rumah baru di bawah harga Rp 1 miliar.

Tipe rumah pertama adalah Primrose seluas 55/90 meter persegi yang berada di Klaster The Crescent Tree ditawarkan mulai Rp 853 juta.

Sementara tipe kedua adalah Areca di Klaster Davida dengan dua pilihan luas 30/60 meter persegi seharga Rp 370 juta dan 38/60 meter persegi yang dipatok Rp 399 juta.

Dua tipe baru ini, difokuskan pada keluarga baru yang menginginkan kamar lebih banyak.

Khusus untuk Primrose, ditujukan untuk pengusaha dan profesional level manager, yang sebagian besar untuk digunakan sendiri (end-user).

4. Rotterdam

PT Jababeka Residence merilis hunian modern berkonsep rumah kompak (compact house) yaitu klaster Rotterdam.

Klaster ini diperuntukkan bagi generasi milenial yang ingin memiliki hunian pertama atau first home buyer.

Klaster Rotterdam ini terletak di Kota Jababeka (Jababeka City) seluas 5.600 hektar lahan yang mana merupakan kota berbasis industri mandiri.

Klaster terbaru ini dilengkapi fasilitas transportasi yang bisa diakses hingga ke kawasan lingkungan hunian.

PT Jababeka Residence mematok unit-unit Rotterdam seharga Rp 370 jutaan dengan tipe 36/30 meter persegi.

Klaster Rotterdam ini dapat diakses melalui jalan Tol Bekasi-Cikampek dan dekat dengan Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat dan Lemahabang KM 31 (pintu keluar jalan tol di kilometer 28).

5. Belfast dan Calgary

Selain merilis tipe Alberta seharga Rp 200 jutaan, Greenwoods Group juga merilis dua tipe rumah kelas menengah.

Kedua tipe tersebut yakni, Belfast yang terdiri dua kamar tidur satu lantai (30/60 meter persegi) seharga Rp 300 juta.

Kemudian, tipe Calgary yang terdiri dari dua kamar tidur 2 lantai (48/60 meter persegi) Rp 410 jutaan.

Kedua tipe tersebut terletak di kawasan perumahan Citaville Parung Panjang dengan menawarkan berbagai kemudahan akses seperti Tol Jakarta-Tangerang dan Tol Jakarta-Serpong.

6. Viale dan Avante

Anak usaha Ciputra Group, PT Ciputra Residence meluncurkan dua klaster baru di kawasan CitraRaya Tangerang yakni, Viale dan Avante.

Klaster Avante dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 488 jutaan dengan empat pilihan tipe rumah yaitu Tipe Crescendo (27/60), Grazioso (33/72), Prospero (45-52/84) dan Tipe Splendore (49-56/Lt 96).

Khusus tipe Prospero dan Splendore ini tersedia pilihan bangunan yang dilengkapi ruang mezzanine yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang belajar atau ruang kerja di rumah.

Sementara Klaster Viale dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 500 jutaan, tersedia dua pilihan tipe rumah yaitu Tipe Crescendo (27/60) dan Grazioso (33/72).

Lokasi ini dekat dengan akses Jalan Tol Jakarta-Merak dengan dua Gerbang Tol (GT) utama yaitu, GT Bitung dan Cikupa.

7. Golden East Kebomas

Keluarga Sejahtera Group (KSG) meluncurkan perumahan Golden East Kebomas yang berlokasi di Jalan KH Syafi'i, Gresik, Jawa Timur.

KSG mengembangkan perumahan ini di atas lahan seluas 9 hektar dan akan diperluas lagi ke sisi utara dan selatan.

Ada dua tipe hunian dua lantai yang ditawarkan, yakni Aster dengan luas 46/60 dan Camelia 50/60. Kedua tipe ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 400 jutaan.

Besaran harga ini sudah termasuk instrumen pajak seperti BPHTB, biaya AJB dan lain sebagainya.

8. Harumi Homes

PT Summarecon Agung Tbk bekerja sama dengan Toyota Housing Corporation Ltd meluncurkan klaster Harumi Homes di kawasan Summarecon Emerald Karawang.

Klaster ini menawarkan sentuhan gaya arsitektur Jepang modern-minimalis dengan harga mulai dari Rp 535 jutaan.

Harumi Homes terdiri dari 4 tipe pilihan hunian yakni, Ume (5,5 x 10) dan Suisen (6,5 x 10) merupakan rumah 1 lantai serta Tsubaki (6x10) dan Sakura (7x10) yaitu rumah dua lantai.

Harumi Homes yang terletak di Summarecon Emerald Karawang itu berjarak 45 menit dari dan menuju Jakarta menggunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II untuk memudahkan para penghuni dalam melakukan mobilitas dari pusat perekonomian baru di koridor timur.

9. Magenta Residence

Selain Harumi Homes, Summarecon melalui Summarecon Bekasi merilis rumah terbaru berkonsep sehat dan pintar yaitu Magenta Residence.

Magenta Residence merupakan klaster ketiga dari The Orchard yang menjadi bagian dari pengembangan kawasan Summarecon Bekasi seluas 30 hektar.

Terdapat tiga pilihan tipe yakni, Iris (5x11), Lilac (6x11), serta Plum (7x11) dengan penawaran harga mulai dari Rp 969 jutaan.

Adapun fasilitas yang melengkapi perumahan ini mencakup club house, tempat bermain anak, dan Infinity Pool dengan pemandangan tanpa batas ke arah danau serta lanskap sekitarnya.

10. O2 Essential Home

Sinarmas Land melansir produk klaster baru bertajuk O2 Essential Home di Perumahan Grand Wisata, Bekasi.

O2 Essential Home tampil dengan ukuran kompak, namun pada saat bersamaan dapat mengakomodasi semua kebutuhan ruang.

Sinarmas Land merancang hunian ini dengan konsep minimalis, modern, fungsional dan dilengkapi dengan fitur interior pintar.

Dalam memasarkan rumah ini, Sinarmas Land hanya menyediakan 129 unit O2 Essential Home dengan harga jual sebesar Rp 880 jutaan.

Untuk menuju klaster ini, baik arah Jakarta dan Bandung, dapat ditempuh melalui salah satu akses yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan keluar di Exit Tol Tambun KM21 (Tol Jakarta-Cikampek).

11. SOHO Flex/Space Lippo

PT Lippo Karawaci Tbk melansir produk yang ditujukan khusus untuk kalangan milenial bertajuk, SOHO Flex/Space Lippo, di Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

SOHO Flex/Space Lippo dapat mengakomodasi kebutuhan ruang yang menekankan pada fleksibilitas optimal.

Produk ini dirancang dalam dua pilihan model “Attic Loft “ dan “Double Height Loft “.

Khusus tipe Attic Loft memiliki langit-langit setinggi empat meter, mencakup 4 kamar, 1 kamar mandi dengan luas bervariasi antara 42 hingga 101 meter persegi.

Harga yang dibanderol untuk tipe ini di bawah Rp 1 miliar atau tepatnya mulai dari Rp 561 juta.

Produk tersebut meniadakan batasan antara kerja dan kehidupan di luar pekerjaan dalam satu konsep desain fleksibel.

Terletak di CBD Lippo Village, SOHO Flex/Space Lippo terintegrasi dengan menara Fairview dan Hillcrest yang dikelilingi area perkantoran Menara Matahari, Universitas Pelita Harapan (UPH), Hotel Aryaduta Lippo Village, Imperial Klub Golf, dan tempat hang-out Benton Junction.

12. Sadewa

PT Alamindo Trulynuasa atau ALSA melansir klaster baru di perumahan Dharmawangsa Residence yakni, Sriwijaya.

Klaster yang ditawarkan dengan konsep rumah tumbuh ini berupa bangunan satu lantai, Tipe Sadewa seluas 34/72 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 400 jutaan.

Untuk menarik minat konsumen, ALSA menyediakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) 5 persen yang bisa dicicil hingga 12 bulan tanpa bunga.

13. Seion @ Serang

Mega Agung Sembada (MAS) Group memulai tahun 2020 dengan proyek perumahan baru bertajuk Seion @ Serang, Banten.

Dalam mengembangkan perumahan tapak (landed house) seluas 8 hektar ini, MAS Group menggandeng perusahaan Jepang, Fujiken Co Ltd.

MAS Group mengembangkan proyek perumahan ini dengan konsep serba Jepang. 

Adapun harga jual Seion @ Serang dipatok mulai dari Rp 400 jutaaan untuk tipe terkecil 5x12 meter persegi dan Rp 700 juta untuk tipe terluas 7x15 meter persegi.

https://properti.kompas.com/read/2020/12/05/190000621/kaleidoskop-2020--deretan-rumah-kelas-menengah-di-bawah-rp-1-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke