Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DTKJ Diminta Buat Kajian Transportasi bagi Penyandang Disabilitas

Hal itu disampaikan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Transportasi Sunardi M Sinaga dalam sambutannya pada acara DTKJ Awards, Selasa (1/12/2020).

"Ini perlu dibuat kajian oleh DTKJ (lalu) disampaikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mungkin sangat baik," ujar Sunardi saat mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jadi, para penyandang disabilitas dapat memahami penggunaan sarana dan prasarana publik khususnya transportasi sejak dini.

Menurut Sunardi, hal itu tentu akan memudahkan mereka dalam menggunakan transportasi publik lebih mandiri saat kelak usianya bertambah dewasa.

Selain itu, Sunardi meminta kepada DTKJ untuk memastikan penyiapan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas lebih efektif dan tepat sasaran, misalnya lokasi dan pengguna.

Dia mengatakan, jangan sampai ada lokasi yang disediakan sarana dan prasarana untuk penyandang disabilitas tak digunakan.

"Jangan sampai ada di tempat lain yang (harus) dipergunakan, justru tidak ada disana fasilitasnya. Ini tolong di mapping (petakan) lagi," lanjut Sunardi.

Tak sebatas itu, layanan publik harus disediakan secara konsisten, berkembang, dan mampu memenuhi standar kebutuhan penyandang disabilitas.

Sunardi mengungkapkan, perkembangan layanan publik dibutuhkan karena setiap waktu harus mengalami perubahan seiring kemajuan zaman.

DTKJ juga diminta untuk menghimpun seluruh pendapat komunitas penyandang disabilitas untuk mengetahui apa yang selama ini dikeluhkan atau sesuatu hal yang sangat dibutuhkan oleh mereka.

Setelah itu, DTKJ bisa menyampaikan hal itu kepada Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mengambil kebijakan pemerintah untuk penyandang disabilitas.

"Kalau kami tidak tahu permasalahan (penyadang disabilitas), sangat sulit untuk mengeluarkan kebijakan yang bisa memenuhi seluruh keinginan itu," pungkas Sunardi.

https://properti.kompas.com/read/2020/12/01/153000321/dtkj-diminta-buat-kajian-transportasi-bagi-penyandang-disabilitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke