Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudahkan Mobilitas Warga, MRT Gandeng Perum PPD Integrasikan Sistem Feeder

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi dan Direktur Operasional dan Pemasaran Perum PPD Bambang Suryo Sakti, Rabu (11/11/2020).

Dengan ditandatanginya kerjasama tersebut penumpang dapat menikmati layanan integrasi antara MRT Jakarta dengan Bus PPD.

"Saat ini, masyarakat sudah dapat menikmati layanan bus PPD dari Stasiun Lebak Bulus Grab (di bawah pintu masuk entrance E) menuju Scientia Square Park, Tangerang, Banten," kata Corporate Secretary Division Head Kamaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Kamaludin menjelaskan tujuan kerja sama ini untuk melakukan studi pengembangan layanan transportasi terintegrasi antara MRT Jakarta dan bus Perum PPD.

Kerja sama terkait penghubung awal dan penghubung akhir (first mile and last mile) meliputi pembangunan tempat tunggu bagi pelanggan bus PPD di area stasiun MRT Jakarta.

Kemudian, melakukan studi skema penjualan servis bus PPD melalui kanal media komunikasi MRT Jakarta, dan studi skema layanan transportasi terintegrasi multimoda seperti infrastruktur, layanan, dan tiket di luar bus PPD dan MRT Jakarta.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menambahkan, dibangunnya tempat drop off dan pick up untuk mempermudah pengguna MRT Jakarta mengakses layanan bis Perum PPD.

Diharapkan, layanan ini dapat menjadi pilihan utama masyarakat sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan bagi pengguna transportasi publik di Jabodetabek.

Sementara itu Kamaluddin menilai bahwa saat ini integrasi antar moda transportasi sangat penting dilakukan.

Tujuannya untuk memudahkan masyarakat sekaligus meningkatkan penggunaan transportasi umum oleh masyarakat.

“Integrasi antarmoda sangat penting agar layanan transportasi publik kepada masyarakat dapat meningkatkan jumlah pengguna transportasi umum. Sekarang saatnya integrasi dan kolaborasi, bukan lagi kompetisi,” katanya.

Untuk diketahui, masyarakat telah dapat menikmati hasil kerja sama melalui penyediaan layanan bus Perum PPD yang melayani rute Scientia Square Park (SQP), Serpong dan Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang, Banten, hingga Stasiun Lebak Bulus Grab.

Bus berangkat pada pukul 06.00 WIB, 07.00 WIB, dan 08.00 WIB dari SQP lalu berhenti di SMS dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Lebak Bulus Grab.

Dari Stasiun Lebak Bulus Grab, bus berangkat pada pukul 17.00, 18.00, dan 19.20 WIB.

Adapun untuk sekali perjalanan, pengguna jasa dikenakan tarif Rp 25.000 dengan fasilitas bus meliputi reclining seat dengan pengaturan jaga jarak, jaringan internet nirkabel, dan sumber daya listrik (charging port).

Kemudian, air conditioner, serta pilihan pembayaran digital kode QR melalui dompet digital seperti OVO atau Gopay. Bahkan, pesepeda juga boleh menggunakan bus ini.

https://properti.kompas.com/read/2020/11/12/110426321/mudahkan-mobilitas-warga-mrt-gandeng-perum-ppd-integrasikan-sistem-feeder

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke