Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru 347.000 Kendaraan Kembali ke Jakarta Lewat Jalan Tol

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 24,7 persen jika dibandingkan lalin pada new normal.

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 55,0 persen dari arah Timur, 24,0 persen dari arah Barat dan 21 persen dari arah Selatan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/11/20).

Heru merinci, kenaraan dari arah timur melalui GT Cikampek Utama 2 merupakan yang terbanyak dengan jumlah 100.647 kendaraan menuju Jakarta. Angka ini naik sebesar 48,8 persen dari lalin new normal.

Sementara kendaraan yang melalui GT Kalihurip Utama 2, sebanyak 90.679 unit menuju Jakarta, atau tumbuh 32,0 persen dari lalin new normal.

Sehingga total kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Timur sebanyak 191.326 kendaraan, atau melonjak 40,3 persen dari lalin new normal.

Ada pun lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sejumlah 83.603 kendaraan, atau naik tipis 9,4 persen dari lalin new normal.

Sedangkan dari arah Selatan atau Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi yaitu sebanyak 72.804 kendaraan, atau naik 10,1 persen dari lalin new normal.

Heru mengimbau pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Mengisi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di Tempat Istirahat," tuntas dia.


https://properti.kompas.com/read/2020/11/02/151022321/baru-347000-kendaraan-kembali-ke-jakarta-lewat-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke